Grobogan

Polisi Ungkap Kasus Perwira TNI AL Tembak Paha Suharto

AKBP Satria Rizkiano: AW melepaskan tembakan ke arah paha korban menggunakan senjata organik miliknya. AW adalah perwira TNI AL.

Polisi Ungkap Kasus Perwira TNI AL Tembak Paha Suharto
dok
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, GROBOGAN - Polres Grobogan, Jawa Tengah, mengungkap kasus penembakan terhadap Suharto, warga Desa Jipang, Kecamatan Penawangan, Grobogan.

Awalnya, korban ditemukan warga tergeletak dalam kondisi mengenaskan di sebuah bangunan kosong di perumahan Nglejok, Purwodadi, seberang SPBU wilayah ibukota Kabupaten Grobogan itu, Sabtu (6/1/2018) siang.

Di hadapan warga, korban meringis kesakitan dengan keadaan kedua kakinya yang bersimbah darah.

Kedua paha kakinya terlihat berlubang seperti bekas luka tertembus peluru senjata api.

Saat itu oleh warga, korban pun langsung dilarikan ke RSUD dr Soedjati Purwodadi untuk mendapatkan penanganan medis.

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Satuan Intelijen Kodim 0717 Purwodadi untuk menyelidiki kasus yang telah menghebohkan masyarakat tersebut.

Dari hasil keterangan yang dihimpun, sambung Satria, akhir-akhir ini korban yang kurang waras tersebut acap kali berbuat onar dengan mengamuk tanpa sebab di wilayah perumahan Nglejok.

Beberapa saat sebelum ditemukan terkapar, korban yang membawa sabit itu mengamuk di permukiman padat penduduk tersebut.

Sampai akhirnya korban berlari hendak membacok AW, seorang anggota TNI AL berpangkat perwira yang berdomisili di sana. 

"Karena dinilai mengancam jiwa dirinya dan juga membahayakan warga, AW yang terdesak melakukan pembelaan diri dengan melepaskan tembakan ke arah paha korban sebanyak satu kali menggunakan senjata organik miliknya. AW anggota TNI AL bertugas di Jakarta," kata Satria kepada Kompas.com, Senin (8/1/2018).

Menurut Satria, dari hasil pemeriksaan tim medis menyebutkan, terdapat empat titik lokasi luka tertembus timah panas yang melubangi kedua paha korban.

"Jadi ditembak satu kali pada paha samping kanan yang kemudian tembus ke paha samping kiri. Setelah ditembak, korban bersembunyi di rumah kosong," jelas Satria.

Ditambahkan Satria, kepolisian telah menghubungi pihak keluarga korban. Korban yang sempat mendapatkan perawatan intensif tersebut sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

"Korban ini diketahui menderita gangguan jiwa. Stres berat sudah lama. Begitu kejadian, AW berupaya melapor ke kepolisian, dan bahkan sudah ikut membawa ke rumah sakit. Kasus ini sudah ditangani Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Semarang," pungkasnya. kompas.com

PETA PURWODADI, IBUKOTA KABUPATEN GROBOGAN

Editor: yuli
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved