Malang Raya

Apa Kabar Relokasi Pasar Blimbing Kota Malang? Ini Kata Kepala Dinas Perdagangan

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto, menyebutkan ada tiga hal yang masih harus dilakukan terkait Pasar Blimbing.

Apa Kabar Relokasi Pasar Blimbing Kota Malang? Ini Kata Kepala Dinas Perdagangan
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
FOTO ARSIP - Kondisi halaman sebelah timur Pasar Blimbing yang terendam air akibat hujan deras yang mengguyur Kota Malang, Rabu (1/3/2017). 

SURYAMALANG.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang belum bisa memastikan kapan relokasi pedagang Pasar Blimbing dilakukan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto, menyebutkan ada tiga hal yang masih harus dilakukan terkait Pasar Blimbing.

"Pertama tentang finalisasi block plan (tata letak pedagang), relokasi, dan adendum perjanjian kerjasama," ujar Wahyu, Kamis (18/1/2018).

Terkait block plan, kata Wahyu, seluruh pedagang sudah setuju. Tetapi ada beberapa pedagang yang ingin ditempatkan di lantai satu Pasar Blimbing Terpadu.

Berdasarkan rancang bangun, lantai satu dipakai lokasi penjualan komoditas basah. Belakangan ada sejumlah pedagang komoditas kering ingin menempati lantai satu.

"Itu yang masih kami bicarakan terus. Termasuk harus saya laporkan ke Sekda. Semoga dalam waktu dekat, pembicaraan tentang block plan rampung," lanjutnya.

Pembicaraan itu akan dilakukan sembari menunggu pembenahan pasar penampungan rampung. Pedagang Pasar Blimbing akan direlokasi ke bekas Stadion Blimbing.

"Jika semuanya sudah oke, maka tinggal relokasi saja," tegas Wahyu.

Pemkot Malang juga harus mengubah perjanjian kerjasama dengan pihak investor. Pengubahan perjanjian kerjasama (adendum) itu disesuaikan dengan klausul baru perjanjian.

Namun ketika ditanya, kapan kemungkinan relokasi dilakukan, Wahyu tidak memberikan kepastian waktu.

"Kami berharap dalam waktu cepat," tegasnya.

Sementara itu Wali Kota Malang M Anton menegaskan kepada investor Pasar Blimbing untuk segera membangun pasar itu.

"Kalau tidak bisa membangun nanti saya cabut (perjanjiannya). Tetapi mereka berjanji akan segera membangun," ujar Anton.

Rencana pembangunan Pasar Blimbing terkatung-katung memasuki tahun kedelapan. Pasar Blimbing yang berada di Jl Borobudur Kota Malang akan dibangun kembali oleh investor.

Tetapi sampai saat ini pembangunan belum terwujud karena belum pindahnya pedagang dari pasar itu ke lokasi penampungan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved