Breaking News:

Malang Raya

Proses Komunikasi Bisa Membentuk Perubahan Sosial

“Komunikasi yang dilakukan dengan benar bukan hanya bisa mengubah perilaku seseorang, tapi juga membentuk perubahan sosial,” katanya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Kuliah tamu tentang komunikasi untuk perubahan sosial di FISIP UB Malang, Senin (29/1/2018). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Prof Elske Van de Fliert, Director of The Centre for Communication and Social Change dan Associate Professor School of Communication and Arts Queensland University menyampaikan fungsi komunikasi untuk perubahan sosial di FISIP Universitas Brawijaya (UB) Malang, Senin (29/1/2018).

“Komunikasi yang dilakukan dengan benar bukan hanya bisa mengubah perilaku seseorang, tapi juga membentuk perubahan sosial,” katanya.

Komunikasi juga memiliki fungsi dan tujuan yang luas. Antara lain ada 6 fungsi komunikasi yang disampaikan oleh Elske, antara lain fungsi koordinasi, branding dan promosi, menyampaikan aturan, fungsi edukatif dan informatif, fungsi advokasi, dan menyuarakan pendapat.

“Perubahan sosial yang bisa dilakukan dengan metode komunikasi adalah perilaku sosial, hubungan sosial, dan institusi sosial. Golnya menggunakan proses komunikasi sebagai metode dan media perubahan sosial. Misalnya dengan pembinaan dan pembangunan kapasitas manusia untuk menentukan arah pengembangan diri,” lanjutnya.

Ia mencontohkan dengan 44 persen penduduk Indonesia yang tinggal di daerah pedesaan.

“Menghadapi perubahan zaman ini, saya dan tim membuat aplikasi Farmer Field School yang bisa digunakan komunitas petani untuk bertukar pengalaman dan berbagi informasi,” ungkapnya.

Teknologi tersebut masuk dalam metode komunikasi yang difasilitasi dengan mengikuti perubahan zaman.

“Teknologi itu akan membantu pengembangan diri dan lama-kelamaan membentuk perubahan sosial,” tutupnya. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved