Teroris Serang Jawa Timur

Total 31 Terduga Teroris Ditangkap di Jawa Timur, 4 Orang Ditembak Mati

KAPOLDA JATIM: Pokoknya yang sudah ditahan oleh kami 31 (terduga teroris). Empat meninggal dunia.

Total 31 Terduga Teroris Ditangkap di Jawa Timur, 4 Orang Ditembak Mati
KOMPAS.com / Andi Hartik
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin saat meresmikan sejumlah gedung yang baru dibangun di Mapolres Malang, Selasa (22/5/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, total ada 31 terduga teroris yang ditangkap di Jawa Timur pasca-rentetan bom bunuh diri di Surabaya.

Empat terduga di antaranya tewas karena melawan petugas saat ditangkap.

"Pokoknya yang sudah ditahan oleh kami 31 (terduga teroris). Empat meninggal dunia," katanya saat menghadiri peluncuran Malang E-Policing dan buka bersama di Polres Malang, Selasa (22/5/2018).

Machfud menyebutkan, jumlah itu dimungkinkan masih bisa bertambah. Ia pun berharap Jawa Timur bersih dari terduga teroris melalui berbagai penangkapan tersebut.

"Mungkin masih berkembang lagi. Mudah-mudahan saya berharap tidak terlalu banyak ditangkap, artinya betul-betul sudah tidak ada lagi," katanya.

Sementara itu, Machfud mempersilakan tim Densus 88 Antiteror Polri untuk memilih lokasi penahanan yang layak untuk para terduga teroris itu.

"Yang punya hak kewenangan untuk melakukan penahanan adalah pihak Densus. Kami membantu memfasilitasi yang cocok kami berikan," katanya.

Diketahui, pasca-kejadian rentetan bom bunuh diri di Surabaya pada Minggu (13/5/2018) pekan lalu, tim Densus 88 Antiteror menangkap sejumlah terduga teroris di berbagai daerah.

Di Jawa Timur, berbagai penangkapan dilakukan di Malang, Probolinggo, Sidoarjo dan Surabaya.

Di Malang, terduga teroris yang ditangkap sebanyak enam orang. Bahkan, SA alias Abu Umar yang belakangan disebut sebagai ketua Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur ditangkap bersama istri sirinya, WMW di rumah kontrakannya di Perumahan Banjararum Asri, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca-bom Surabaya, 31 Terduga Teroris Ditangkap di Jawa Timur", https://regional.kompas.com/read/2018/05/22/21465941/pasca-bom-surabaya-31-terduga-teroris-ditangkap-di-jawa-timur.

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved