Pilgub Jatim

Sebanyak 64 Tahanan Polres Malang Salurkan Hak Pilih di Pilgub Jatim 2018

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, jumlah tahanan penghuni rumah tahanan Polres Malang ada 76 orang.

Sebanyak 64 Tahanan Polres Malang Salurkan Hak Pilih di Pilgub Jatim 2018
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Para tahanan Polres Malang diberikan kesempatan menyalurkan hak pilihnya dalam Pilgub Jatim, Rabu (27/6/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJAN - Sebanyak 64 tahanan dari 76 tahanan Polres Malang menyalurkan hak pilihnya dalam Pilgub Jatim 2018. Para tahanan Polres Malang sebelumnya dilakukan pendataan kelengkapan dokumen kependudukan oleh KPU Kabupaten Malang dan hanya 12 orang tahanan dinyatakan tidak memenuhi persyaratan menyalurkan hak pilihnya karena tidak masuk DPT.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan, para tahanan Polres Malang tersebut masuk dalam kategori pemilih A5. Mereka bisa menyalurkan hak pilihnya dengan menggunakan surat pindah pilih di TPS 3 Ardirejo Kepanjen sebagai TPS terdekat dengan Polres Malang

"Ke-64 tahanan Polres tadi sudah menentukan hak pilihnya dalam Pilgub Jatim," kata Santoko, Rabu (27/6/2018).

Dalam pelaksanaan Pilgub Jatim bagi tahanan Polres Malang, dijelaskan Santoko, Petugas dari TPS yang terdiri dari 2 petugas KPPS, 1 PPL, dan dua saksi mendatangi ruang tahanan Polres dengan membawa semua logistik. Termasuk kotak dan surat suara. Satu persatu tahanan pemilik hak suara menentukan pilihannya di ruang isolasi tahanan Polres Malang.

"Alhamdulillah, semunya berjalan lancar. Dalam waktu 45 menit semua tahanan pemilik hak suara telah selesai menentukan pilihannya," tandas Santoko.

Sementara itu, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, jumlah tahanan penghuni rumah tahanan Polres Malang ada 76 orang. Namun 12 orang tidak bisa menggunakan hak pilih karena tidak didukung dengan syarat formal.

"Seperti e-KTP, Surat Keterangan dan sebagainya. Dan merekapun tidak bisa menyalurkan hak pilihnya sesuai ketentuan KPU," kata Yade Setiawan Ujung.

Selain tahanan di rutan Polres Malang, ungkap Yade Setiawan Ujung, ada 83 orang tahanan lain yang tersebar di seluruh Polsek jajaran yang juga memperoleh hak sama menentukan pilihanya dalam Pilgub Jatim.

"Teknisnya petugas dari PPS terdekat yang mendatangi Polsek mulai pukul 12.00 WIB," ucap Yade Setiawan Ujung.

Memang, diakui Yade Setiawan Ujung, tahanan Polres Malang sendiri bukan hanya warga Kabupaten Malang, namun ada juga dari luar Malang. Meski demikian, para tahanan yang memiliki hak suara tetap bisa menyalurkan hak suaranya.

"Tapi yang jelas, kami tetap memberi kesempatan tahanan memilih dalam Pilkada ini," tutur Yade Setiawan Ujung.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved