Malang Raya

Keikhlasan dan Transparansi Kades Udi Bawa Pujon Kidul Mendunia

Bermodal awal dana Rp 60 juta untuk mendirikan BUMDes Sumber Sejahtera, kini omset BUMDes itu mencapai Rp 5 miliar per tahun.

Keikhlasan dan Transparansi Kades Udi Bawa Pujon Kidul Mendunia
SURYAMALANG.COM/Hesti Kristanti
Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko saat menjadi saah satu pembicara diskusi Sinergi Pemerintah, Perbankan, dan Pers dalam Mendorong Perekonomian Desa melalui BUMDes, di Hotel Ubud Malang, Jumat (28/9/2018). 

SURYA MALANG.COM, KLOJEN - Akademisi dan wartawan yang mengikuti Diskusi Publik bertema ‘Sinergi Pemerintah, Perbankan, dan Pers dalam Mendorong Perekonomian Desa Melalui BUMDes’  tercengang dengan paparan succes story Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, oleh Kepala Desa (Kades) Udi Hartoko, Jumat (28/9/2018) petang.

Hanya bermodal awal dana Rp 60 juta untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera, kini omset BUMDes di Desa Pujon Kidul itu mencapai Rp 5 miliar lebih per tahun.

Prestasi BUMDes Sumber Sejahtera merupakan yang terbaik di antara 113 BUMDes di Kabupaten Malang.

Apalagi 60 persen dari 113 BUMDes itu masuk dalam katagori BUMDes kurang sehat.

Karena itu, sudah sewajarnya bila Desa Pujon Kidul itu berbagi success story untuk desa lain di Kabupaten Malang yang belum berhasil mengelola BUMDes secara baik maupun desa yang belum menderikan BUMDes.

Jumlah desa di Kabupaten Malang mencapai 370 desa, dan yang sudah mendirikan BUMDes sebanyak 113 desa.

Kades Pujon Kidul, Udi Hartoko menceritakan dulu warganya merasa minder dan tidak bangga dengan desanya.

Sebab, Desa Pujon Kidul termasuk desa terpencil dan sangat asing di telinga orang-orang luar Pujon.

Untuk mencapai Desa Pujon Kidul, Anda memang harus menyusuri jalan perkampungan sejauh sekitar 7 KM dari ibu kota Kecamatan Pujon.

Akses jalannya pun menuju Desa Pujon Kidul tidak begitu lebar dan medannya naik turun, sehingga kalau berkendaraan harus ekstra hati-hati.

Halaman
1234
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved