Blitar

Kebocoran Dan Penyumbatan Pipa Menjadi Penyebab Macetnya Air PDAM Di Kota Blitar

Pipa keropos dan menyebabkan pengatur aliran air turun. Selain itu juga adanya kerak yang menyumbat pipa sehingga air macet

Kebocoran Dan Penyumbatan Pipa Menjadi Penyebab Macetnya Air PDAM Di Kota Blitar
surya malang/Samsul Hadi
Petugas menggali bagian pipa PDAM yang tersumbat kerak untuk dibersihkan di Jl Bengawan Solo, Kota Blitar, Senin (8/10/2018) 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Penyumbatan dan kebocoran pipa menjadi penyebab macetnya aliran air PDAM di sejumlah wilayah di Kota Blitar. Petugas PDAM masih memperbaiki pipa saluran air yang macet karena bocor dan penyumbatan, Senin (8/10/2018).

Pjs Direktur PDAM Kota Blitar, Joni Sumarsono mengatakan, ada dua titik pipa air PDAM yang bocor. Yakni di Jl Kenari dan di Kelurahan Rembang atau perbatasan dengan wilayah Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Kebocoran pipa di Jl Kenari menyababkan aliran air ke pelanggan di Jl Sumba, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, terganggu. Air PDAM di wilayah itu sempat tidak mengalir beberapa hari.

"Kebocoran pipa di Jl Kenari sudah kami perbaiki. Saat proses perbaikkan, kami memang mematikan aliran air ke pelanggan. Kami juga minta maaf ke pelanggan karena aliran air terganggu," kata Joni.

Selain kebocoran, juga terjadi penyumbatan pipa di wilayah Jl Bengawan Solo. Penyumbatan pipa di Jl Bengawan Solo membuat aliran air ke pelanggan di wilayah itu dan Jl Cemara terganggu. Aliran air PDAM di Jl Bengawan Solo dan Jl Cemara mati.

Sekarang, petugas PDAM masih membersihkan pipa yang tersumbat kerak di Jl Bengawan Solo. "Pipanya keropos dan menyebabkan pengatur aliran air anjlok. Sekarang masih diperbaiki. Petugas juga membersihkan kerak yang menyumbat pipa," ujarnya.

Joni belum bisa memprediksi kapan proses pembersihan pipa di Jl Bengawan Solo selesai. Menurutnya, proses pembersihan pipa butuh waktu agak lama. Petugas harus menggali titik pipa yang tersumbat. Lalu petugas membersihkan pipa yang tersumbat kerak menggunkan besi yang disorong-sorongkan ke dalam pipa.

"Kalau perbaikkan pipa bocor di Jl Kenari dan Kelurahan Rembang sudah selesai. Aliran air di wilayah itu sudah normal. Sekarang tinggal yang di Jl Bengawan Solo," katanya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pelanggan PDAM Kota Blitar kembali mengeluhkan air PDAM tidak mengalir sepekan terakhir ini. Sebagian pelanggan terpaksa harus membuat sumur bor karena air PDAM macet.

Purwanti, salah satu pelanggan mengatakan, air PDAM di rumahnya tidak mengalir sudah lima hari ini. Warga Jl Sumba, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, ini sudah mengadu ke kantor PDAM tapi belum ada tanggapan sampai sekarang.

Karena air PDAM di rumahnya tidak mengalir beberapa hari ini, Purwanti mengaku kebingungan memenuhi kebutuhan air. Dia harus meminta air ke tetangga yang mempunyai sumur bor untuk keperluan masak dan cuci baju.

Selama ini, Purwanti mengandalkan air dari PDAM untuk keperluan sehari-hari. Dia tidak memiliki sumur bor di rumahnya. "Saya dan keluarga sempat tidak mandi beberapa hari. Saya minta air ke tetangga hanya untuk masak dan cuci baju," katanya.

Tidak sabar menunggu air PDAM kembali mengalir, Purwanti akhirnya memilih membuat sumur bor di rumahnya. Sekarang proses pembuatan sumur bor di rumahnya masih berlangsung. "Saya membuat sumur bor, karena air PDAM sering mati. Kalau tidak punya sumur repot cari air kalau air PDAM-nya mati," ujarnya.

Pelanggan lain, Putra, warga Jl Kurma, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, juga mengeluhkan hal sama. Air PDAM di rumah Putra juga tidak mengalir hampir sepekan. Putra juga sudah mengadukan masalah itu ke kantor PDAM tetapi belum ada tanggapan. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved