Malang Raya

Pengamat Puji Wacana Ubah Mal Alun-alun Jadi Sentra UMKM Kota Malang

Wacana yang diajukan adalah menjadikan mal Alun-alun tersebut menjadi sentra bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang.

Pengamat Puji Wacana Ubah Mal Alun-alun Jadi Sentra UMKM Kota Malang
http://suryamalang.com
http://facebook.com/suryamalang.tribun | http://instagram.com/suryamalangcom | http://twitter.com/suryamalang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pemkot Malang membuat wacana cukup menarik jelang berakhirnya masa kontrak mal Alun-alun kota Malang.

Wacana yang diajukan adalah menjadikan mal Alun-alun tersebut menjadi sentra bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang.

Opsi tersebut dinilai sangat positif dan bisa menjadi hal yang bagus untuk pemerintah kota Malang. Hal itu seperti disampaikan oleh pengamat Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang, Dias Sastra. Ia menilai bahwa kebijakan tersebut akan sangat bagus untuk bisa menjadi pengembangan ekonomi mikro di kota Malang.

"Kalau dilihat gini rasio di kota Malang sangat tinggi. Hal itu memperlihatkan ketimpangan pembangunan yang cukup tinggi. Untuk itu, wacana ini bisa menjadi terobosan yang bagus untuk pengembangan sektor ekonomi mikro," terangnya Senin (8/10/2018).

Lebih lanjut, Dias Sastra menambahkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengelola nantinya jika memang wacana sentra UMKM itu benar-benar digulirkan. Salah satunya adalah terkait pengelolaan yang harus benar-benar profesional.

"Pengelolaan harus benar-benar dimaksimalkan. Jangan sampai justru nanti malah kelihatan kumuh karena pengelolaan tidak profesional. Selain itu, lokasi tersebut juga nantinya tidak hanya untuk etalase produk hasil UMKM saja, tetapi juga bisa untuk produk hasil kesenian yang ada di kota Malang," imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa untuk produk UMKM yang nantinya masuk ke display juga harus diseleksi sesuai kualitas. Hal itu demi benar-benar menunjukkan bahwa produk UMKM yang ada di tempat tersebut nantinya merupakan produk terbaik.

"Nantinya untuk wisatawan yang berkunjung ke Malang juga bisa diarahkan ke lokasi tersebut. Sehingga hal itu bisa meningkatkan perekonomian bagi sektor UMKM di Kota Malang," tandasnya.

Tags
Malang
Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved