Blitar

Tiga Hari Operasi Zebra Di Kota Blitar, Tindak 203 Pengendara Motor Dibawah Umur

Ada 372 pengendara yang ditilang dengan rincian 356 pengendara sepeda motor dan 16 pengendara mobil

Tiga Hari Operasi Zebra Di Kota Blitar, Tindak 203 Pengendara Motor Dibawah Umur
suryamalang.com/Samsul Hadi
Sejumlah sepeda motor yang disita Satlantas saat razia Operasi Zebra diamankan di Mapolres Blitar Kota, Jumat (2/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Satlantas Polres Blitar Kota menindak sebanyak 372 pelanggar lalu lintas dalam pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018 selama tiga hari ini. Dari total pelanggar itu paling banyak didominasi pengendara di bawah umur sebanyak 203 pelanggar.

"Mayoritas pelanggar lalu lintas yang kami tindak selama razia tiga hari ini pengendara yang masih di bawah umur," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Bayu Halim Nugroho, Jumat (2/11/2018).

Data dari Satlantas Polres Blitar Kota menyebutkan dari 372 pengendara yang ditilang rinciannya 356 pengendara sepeda motor dan 16 pengendara mobil. Jenis pelanggaran pengendara sepeda motor paling banyak di bawah umur ada 203 pengendara.

Lalu tidak pakai helm sebanyak 41 pengendara, bermain ponsel saat naik sepeda motor ada 40 pengendara, dan pelanggaran lain-lain ada 71 pengendara. Sedangkan jenis pelanggaran pengendara mobil paling banyak tidak pakai sabuk pengaman ada tujuh pengendara, lalu bermain ponsel ada enam pengendara, dan di bawah umur ada tiga pengendara.

"Kami juga menemukan anak di bawah umur yang sudah mengemudikan mobil saat razia," ujar AKP Bayu.
Selain itu, kata AKP Bayu, polisi juga menyita 16 unit sepeda motor saat menggelar razia. Para pengendara sepeda motor itu tidak membawa surat-surat kendaraan saat terjaring razia. Polisi masih memeriksa sejumlah sepeda motor yang sekarang dikandangkan di Mapolres Blitar Kota itu.

"Pemiliknya kami suruh datang ke kantor kalau ingin mengambil sepeda motornya. Kalau pengendaranya di bawah umur, kami minta orang tuanya yang mengambil. Mereka kami suruh menandatangani surat pernyataan agar mengawasi anak-anaknya," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved