Sidoarjo

Tilang Online Segera Berlaku di Sidoarjo

Tak mau kalah dengan daerah lain, Sat Lantas Polresta Sidoarjo juga bakal segera menerapkan tilang sistem online dalam waktu dekat.

Tilang Online Segera Berlaku di Sidoarjo
m taufik
Suasana command center Polresta Sidoarjo. Dari tempat ini nantinya pengendalian tilang online dilakukan. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Tak mau kalah dengan daerah lain, Sat Lantas Polresta Sidoarjo juga bakal segera menerapkan tilang sistem online dalam waktu dekat.

Pada tahap awal, kamera pengawas untuk mengintai lalu lintas di Kota Delta bakal dipasang di dua titik utama. Yakni di Simpang Empat Alun-alun dan Simpang Tiga Larangan.

"Kamera di dua titik tersebut sudah dipasang. Selanjutnya tinggal dikonekkan dengan command center di Polresta Sidoarjo," ungkap Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Dhyno Indra.

Di setiap titik sudah terpasang empat kamera dengan kualitas HD. Kamera itu yang akan memantau kondisi lalu lintas. "Jika ada pengendara melanggar, langsung terekam dan didata oleh petugas command center," lanjut dia.

Nah, dari pendataan itu kemudian petugas satlantas mengeluarkan surat tilang. Suratnya lantas dikirim ke alamat kendaraan yang melanggar, sebagaimana bukti kepemilikan kendaraan yang ada di Samsat.

"Agar tidak salah kirim, misalnya kendaraan sudah dijual atau berpindah tangan, maka petugas akan menghubungi dulu alamatnya. Setelah benar, baru surat tilang dikirim ke alamat tersebut," sambung mantan Kasat Lantas Polres Tuban ini.

Dalam tilang itu, rekaman CCTV terkait pelanggaran yang dilakukan menjadi buktinya. Itu dilampirkan dalam tilang yang dikirim.

Rencananya, penerapan tilang sistem baru ini bakal dimulai Desember mendatang. Saat awal, juga bakal dilakukan proses sosialisasi selama sekitar dua bulan. Setelah itu baru benar-benar diterapkan.

Di sisi lain, Satlantas bekerjasama dengan Dishub Sidoarjo juga bakal mengembangkan sistem tilang itu di lokasi-lokasi strategis lain di Sidoarjo. Harapannya, kedepan semua lokasi dilengkapi dengan CCTV dan bisa untuk banyak jenis keperluan.

Seperti pengawasan lalu lintas, penindakan tilang, dan berbagai keperluan lain. Termasuk keperluan dishub, Reskrim, dan beberapa pihak lain.

Penulis: M Taufik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved