Tulungagung

Siswa SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung Gagas BrilliApp, Aplikasi Panggil Tutor Online

SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung menggagas aplikasi panggil tutor secara online, yang diberi nama BrilliApp.

Siswa SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung Gagas BrilliApp, Aplikasi Panggil Tutor Online
delya octovie
Devina Oscanda (rambut pendek) dari SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung, menunjukkan purwarupa BrilliApp pada seorang pengunjung UBS Youth Convention di SCC Pakuwon Trade Center, Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Berbagai inovasi ciamik terus ditunjukkan oleh para peserta DIG IDEA UBS Youth Convention 2018, satu di antaranya adalah SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung.

Mereka menggagas aplikasi panggil tutor secara online, yang diberi nama BrilliApp.

Konsep BrilliApp mirip aplikasi jasa online lainnya.

Yang membedakan adalah, aplikasi ini memungkinkan seseorang untuk mencari tutor terdekat, yang bisa langsung dipanggil untuk memberi pelajaran sesuai keinginan pengguna.

"Jadi setelah login, pengguna bisa memilih kategori akademik atau non-akademik. Kategori akademik terdiri dari IPA, IPS dan Bahasa, sedangkan non-akademik ada videografi, seni lukis dan musik," tutur Devina Ocsanda (17).

Subjek-subjek pelajaran non-akademik ini dipilih karena menurut tim SMAN 1 Kedungwaru, banyak teman-teman mereka yang ingin mengikuti tren media sosial namun tidak bisa membuat video.

Lalu, teman-teman perempuan mereka senang  memasak, sedang lainnya kebanyakan juga tertarik pada musik.

"Rata-rata memang kami melihat dari sekeliling kami sendiri, teman-teman kami sukanya apa, butuhnya apa, lalu mereka ingin mempelajari apa," kata Devina.

Ide aplikasi ini Devina dapatkan ketika ia melihat om-nya yang bekerja sebagai guru, tapi tidak memiliki tempat mengajar.

"Kami juga berpikir, kadang teman-teman kalau les mood-moodan, banyak yang tidak punya waktu karena ikut esktrakurikuler, jadi ini wadah supaya guru dan siswa bisa saling bekerja sama," terangnya.

Anggota lainnya, Wahyu Endah (17) menjelaskan, pengguna juga bisa mengatur kapan waktu luang mereka di aplikasi, sehingga cocok bagi pekerja yang ingin belajar, dan mahasiswa yang baru lulus kuliah juga bisa bekerja dengan menjadi guru di aplikasi ini.

"Maka dari itu, slogan kami adalah 'Be Brilliant with BrilliApp', dengan misi mencerdaskan Indonesia dalam sekali klik," kata Wahyu. 

Penulis: Delya Octovie
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved