Blitar

DPRD Desak Pemkot Blitar Segera Bangun Tempat Parkir Di Wisata Air Sumber Udel

Fasilitas parkir untuk kendaraan pengunjung di wisata Sumber Udel memang masih minim. Lahan parkir hanya ada di halaman tempat wisata.

DPRD Desak Pemkot Blitar Segera Bangun Tempat Parkir Di Wisata Air Sumber Udel
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kondisi lahan parkir di wisata Water Park Sumber Udel, Kota Blitar, belum memadai, Senin (19/11/2018). Lahan parkir hanya di halaman tempat wisata, itupun tidak terlalu luas. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - DPRD Kota Blitar mendesak Pemkot Blitar segera menambah fasilitas parkir di kawasan wisata Water Park Sumber Udel. Ini setelah Dewan sering mendapatkan keluhan dari masyarakat soal kondisi pakir kendaraan pengunjung di tempat wisata itu.

"Saat kami melakukan reses kemarin, masyarakat banyak yang mengeluh soal kondisi parkir pengunjung di Sumber Udel. Kami minta Pemkot segera menambah fasilitas parkir di tempat wisata itu," kata Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto, Senin (19/11/2018).

Fasilitas parkir untuk kendaraan pengunjung di wisata Sumber Udel memang masih minim. Lahan parkir hanya ada di halaman tempat wisata. Itupun tidak terlalu luas. Padahal, saat akhir pekan dan liburan, jumlah pengunjung di Sumber Udel lumayan banyak.

Banyak warga luar kota yang berkunjung ke wisata air milik Pemkot Blitar itu. Saking banyaknya pengunjung, lahan parkir yang tersedia tidak mencukupi. Akhirnya sebagian kendaraan pengunjung diparkir di pinggir jalan raya.

"Kalau liburan, banyak bus dan mobil yang diparkir di pinggir jalan. Kondisi itu mengganggu arus lalu lintas di lokasi," ujarnya.

Selain fasilitas parkir, kata Totok, sebagian masyarakat juga meminta Pemkot Blitar untuk mengembangkan destinasi wisata di Sumber Udel. Pengembangan destinasi wisata di Sumber Udel harus melibatkan warga setempat. "Harapannya, ekonomi warga sekitar lokasi ikut terangkat dengan keberadaan Sumber Udel," kata Totok.

Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Heru Santoso, mengatakan sebenarnya Pemkot Blitar sudah berencana membangun fasilitas parkir di Sumber Udel tahun ini. Pemkot sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk penambahan fasilitas parkir.

Anggaran itu termasuk untuk biaya pembebasan lahan yang akan digunakan untuk tempat parkir yang ada di sebelah barat tempat wisata. Lahan parkir lumayan luas, cukup untuk menampung sekitar 50 unit bus.

"Sebenarnya tahun ini sudah ada rencana pembangunan lahan parkir di Sumber Udel. Anggarannya juga sudah siap. Tapi, karena masih ada masalah teknis, pembangunannya kami tunda tahun depan (2019)," kata Heru.

Dikatakannya, pembangunan lahan parkir di kawasan Sumber Udel juga dapat mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor wisata. Selama ini, pendapatan asli daerah dari sektor wisata paling banyak berasal dari retribusi parkir dan karcis masuk di kawasan wisata Makam Bung Karno.

"Kalau fasilitas parkir di Sumber Udel sudah terbangun, otomatis PAD di sektor wisata juga ikut naik. Mudah-mudahan tahun depan sudah terealisasi pembangunannya," ujar Heru. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved