Tulungagung

Polsek Gondang Tangkap Pemalak Liar Di Hutan Perhutani Desa Mojoarum

Penangkapan terhadap tersangka itu berawal dari Unit Reskrim Polsek Gondang mendapatkan laporan adanya pencurian kayu di wilayah hutan Perhutani.

Polsek Gondang Tangkap Pemalak Liar Di Hutan Perhutani Desa Mojoarum
Ist
Kayu hasil pembalakan liar yang dilakukan Asmuri 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Anggota Unit Reskrim Polsek Gondang menangkap seorang pelaku pembalakan liar di Desa Mojoarum Kecamatan Gondang, Selasa (20/11/2018).

Pelaku yang ditangkap, Muhammad Asmuri (46) Warga Dusun Jati Desa Kedungcangkring Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.

Penangkapan terhadap tersangka itu berawal dari Unit Reskrim Polsek Gondang mendapatkan laporan adanya pencurian kayu di wilayah hutan Perhutani. Anggota kemudian melaksanakan patroli di petak 45A (RBC) di dekat Desa Mojoarum.

Saat itulah petugas mendapati Asmuri tengah mengangkut kayu sebanyak 12 potong dengan berbagai ukuran. "Saat dilakukan pemeriksaan, yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH)," kata Kasubag Humas Polres Tulungagung, Iptu Sumaji, Rabu (21/11/2018).

Dari pemeriksaan, dipastikan kayu yang diangkut Asmuri berasal dari wilayah hutan milik Perhutani. Semua kayu yang diangkut jenis sono dengan diameter antara 15 sentimeter hingga 21 sentimeter. Sedangkan panjang kayu tersebut antara 140 sentimeter hingga 2,1 meter.

"Barang bukti menguatkan, MA ini yang melakukan pembalakan liar di wilayah perhutani," tambah Sumaji.

Asmuri ditangkap beserta kendaraan dan seluruh kayu yang dibawanya. Polisi telah menetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan.

"Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap perkara ini. Termasuk kemungkinan pihak lain yang terlibat," tutur Sumaji.

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved