Blitar

Hingga Sekarang, Kabupaten Blitar Masih Kekurangan 2.207 Guru SD

Rinciannya, guru kelas kurang sebanyak 1.479 orang, guru pendidikan agama islam (PAI) sebanyak 352 orang dan guru olah raga sebanyak 376 orang.

Hingga Sekarang, Kabupaten Blitar Masih Kekurangan 2.207 Guru SD
suryamalang.com
Ilustrasi guru 

 SURYAMALANG.COM, BLITAR - Kebutuhan guru SD di Kabupaten Blitar masih kurang banyak. Data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar menyebutkan sampai sekarang kekurangan guru SD di Kabupaten Blitar mencapai 2.207 orang.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Munthohar mengatakan jumlah SD di Kabupaten Blitar sebanyak 637 sekolah dengan jumlah rombongan belajar 4.072 kelas. Dari total SD yang ada itu, kebutuhan guru SD di Kabupaten Blitar mencapai 5.973 orang.

Tetapi, saat ini, jumlah guru SD di Kabupaten Blitar sekitar 3.766 orang. Masih terjadi kekurangan guru SD di Kabupaten Blitar sebanyak 2.207 orang. Rinciannya, guru kelas kurang sebanyak 1.479 orang, guru pendidikan agama islam (PAI) sebanyak 352 orang dan guru olah raga sebanyak 376 orang.

"Kekurangan guru paling banyak untuk guru kelas SD," kata Munthohar, Jumat (23/11/2018).

Untuk mencukupi kekurangan kebutuhan guru SD, kata Munthohar, sekolah merekrut guru tidak tetap. Para guru tidak tetap itu digaji menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS). "Selama ini kami menggunakan guru tidak tetap untuk mencukupi kebutuhan guru SD," ujarnya.

Dikatakannya, kebutuhan guru SMP sebenarnya juga masih kurang. Tetapi, kondisi kekurangan guru SMP di Kabupaten Blitar masih belum seberapa dibandingkan kekurangan guru SD. "Guru SMP juga kurang, tapi tidak seberapa, masih dapat diatasi," katanya.

Menurutnya, yang perlu segera ada solusi, yaitu, kekurangan guru SD. Apalagi, mulai tahun depan sampai 2022, banyak guru SD yang pensiun. Para guru SD yang diangkat berdasarkan instruksi presiden akan memasuki pensiun massal mulai tahun depan. "Harus segera ada solusi untuk mencukupi kebutuhan guru SD," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved