Breaking News:

Universitas Islam Malang

Unisma Pelopori Nota Kesepahaman dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri

Sebanyak 30 perguruan tinggi luar negeri akan meneken nota kesepahaman dengan 80 perguruan tinggi dalam negeri di kampus Universitas Islam Malang (Uni

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: yuli
unisma
Prof Dr Masykuri MSi, Rektor Universitas Islam Malang (Unisma). 

SURYAMALANG.COM - Sebanyak 30 perguruan tinggi luar negeri akan meneken nota kesepahaman dengan 80 perguruan tinggi dalam negeri di kampus Universitas Islam Malang (Unisma) pada 27 Maret 2019.

Sehari sebelumnya, diawali rapat kerja (raker) perguruan tinggi Nahdlatul Ulama (NU) se-Indonesia, parade budaya dan ekspo pendidikan.

Kemudian pelantikan Pengurus Forum Rektor PTNU serta penandatangan memorandum of understanding (MoU) 30 perguruan tinggi luar negeri dan 80 perguruan tinggi dalam negeri.

"Unisma yang mempelopori MoU itu dan disusul dengan perguruan tinggi lain," jelas Prof Dr Masykuri MSi, Rektor Unisma pada Suryamalang.com, Senin (25/3/2019).

Dijelaskan, di era global diperlukan kerjasama antar perguruan tinggi. Sehingga bisa saling mendapatkan sesuatu dari kerjasama tersebut.

"Kerjasama sangat diperlukan. Dari hal itu bisa berbagi mengenai riset bersama, pertukaran mahasiswa, dosen tamu dll. "Unisma dari kerjasama-kerjasama itu sudah bisa melaksanakannya. Dosen-dosen Unisma yang keluar negeri bisa difasilitasi. Sedang mahasiswa bisa ikut short course di luar negeri," paparnya.

Dijelaskan rektor, perguruan tinggi luar negeri itu ada yang swasta dan negeri. "Ada 14 negara. Mereka siap hadir nanti," jelas Masykuri. Diharapkan dari kerjasama itu bisa memberikan beasiswa, ada kegiatan guest lecture, riset bersama, summer program dan kegiatan akademik lainnya.

"Nanti secara global akan dituangkan dalam MoU," kata rektor. Beberapa negara kerjasama yaitu Rusia, Thailand, Brunei Darussalam, Jordan, Taiwan, Timor Leste dan Philipina. Di acara nanti juga akan ada kegiatan berbagi pengelolaan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0.

Adapun beberapa perguruan tinggi luar negeri yang akan menjadi mitra kerjasama sama antara lain Agaba University of Technology Jordan, Burapha University Thailand, Dong Mai Technology University Vietnam. Kemudian Institute of Business Timor Leste, Kolej University Perguruan Ugama Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Lalu Mindanau State University Philipina, Moscow City University, Rusia. National Dong Hwa University Taiwan, National University of Kaohsiung Taiwan, Nihon University Jepang, University of Dili, Timor Leste dan University Malaysia Kelantan, Malaysia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved