Breaking News:

Malang Raya

Soal Bahasa Indonesia Di UNBK SMA Di Kota Malang Dirasakan Siswa Banyak Jebakan

Hari pertama UNBK jenjang SMA secara nasional mulai digelar, Senin (1/4/2019). Dimulai dengan Unas mata pelajaran Bahasa Indonesia.

suryamalang.com/Sylvianita Widyawati
Suasana di SMAN 8 Kota Malang usai UNBK SMA hari pertama dengan mapel Bahasa Indonesia, Senin (1/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Hari pertama UNBK jenjang SMA secara nasional mulai digelar, Senin (1/4/2019). Dimulai dengan Unas mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Di SMAN 8 Kota Malang, siswa dibagi dengan dua sesi. Yakni  Sesi pertama selesai pukul 09.30 WIB.

Salah satu siswa SMA 12 MIPA Kota Malang, Ariel Gustiono mengatakan, dirinya merasa soal Bahasa Indonesia banyak yang menjebak. "Tapi masih banyak sih yang keluar dari kisi-kisi," jelas Ariel Gustiono, siswa kelas 12 MiPA pada suryamalang.com usai ujian.

Selain itu, ada 10-15 soal ada huruf yang harusya kapital tapi huruf kecil. Untuk unas Bahasa Indonesia. Ada 50 soal di unas Bahasa Indonesia. "Kira-kira saya bisa menjawab 70 persen," kata Ariel.

Sedang Floreta, siswa kelas 12 MIPA mengatakan, sebenarnya soal Bahasa Indonesia mudah. Tapi harus memang banyak bacaan yang harus dibaca sehingga harus teliti untuk menjawabnya. "Kalau unas BI hari ini gak ada esainya. Beda saat USBN masih ada esai," jawab Floreta.

Ia menjelaskan, untuk menghadapi unas, selain mendapat pembekalan dari sekolah juga ikut bimbel sepulang sekolah. "Kalau di bimbel diajari membahas prediksi-prediksi," kata dia.

Sementara itu Ema Sumarti, Kepala Cabang Pendidikan Jatim Wilayah Kota Malang dan Kota Batu mengatakan, sebanyak 7.605 siswa SMA di Kota Malang dan Kota Batu ikut unas.

Ujian berlangsung selama empat hari hari. Yaitu 1, 2 April, 4 April dan 8 April. Hal ini karena ada jeda waktu libur pada tanggal 3 April. Dan dilanjutkan lagi pada 8 April.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved