Malang Raya

Wapres Jusuf Kalla Beri Motivasi Ribuan Mahasiswa Tentang Komponen Kemajuan Bangsa Di Malang

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk membentuk generasi yang unggul demi kemajuan bangsa.

suryamalang.com/Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Wakil Presiden, Jusuf Kalla saat menyampaikan pidato kebangsaan kepada para mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (6/4) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk membentuk generasi yang unggul demi kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla dalam pidatonya saat hadir dalam acara Festival Kebangsaan yang digelar oleh Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (6/4).

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Malang, Sutiaji.

Menurutnya, bangsa Indonesia harus memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, agar tidak kalah maju dari negera-negara lain.

"Bisa kita lihat, negara-negara seperti Korea, Jerman dan lain sebagainya, mereka bisa maju meskipun tidak memiliki SDA. Tapi mereka memiliki ilmu pengetahuan, dan itu tidak akan pernah habis," ucapnya.

Jusuf Kalla juga memberikan tiga komponen penting dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan untuk kemajuan bangsa.

Pertama ialah pemerintah harus memiliki aturan-aturan yang tegas dalam berbagai macam hal. Kedua, harus mengusai teknologi dan ilmu pengetahuan, dan ketiga ialah memiliki jiwa entrepreneurship.

"Tidak ada negara maju tanpa tiga komponen tersebut. Untuk itu, kami mengimbau kepada generasi penerus bangsa, agar terus belajar, karena ilmu tidak ada batasnya," ujarnya.

Jusuf Kalla juga menekankan pentingnya kebersamaan dan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia sebagai potensi yang harus digali. Menurutnya, Indonesia mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai negara lain.

"Perbedaan bukanlah kelemahan, perbedaan adalah kekuatan. Kita harus merubah sikap kita dan kita harus mengubah cara hidup kita," ujarnya.

Tak hanya itu, orang nomor dua di Indonesia itu juga berterimakasih kepada kampus-kampus yang telah memberikan ilmu kepada generasi bangsa, sebagai modal utama untuk kemajuan bangsa.

"Maka dari itu, festival kebangsaan ini artinya festival kemajuan yang bersifat kebersamaan. Karena dengan kebersamaan inilah yang bisa memajukan bangsa, itulah harapan saya," imbuhnya.

Usai menyampaikan pidatonya, Jusuf Kalla kemudian mengunjungi stand Festival yang terdapat di depan Dome UMM. Di sana, Jusuf Kalla melihat-lihat berbagai produk yang telah dipamerkan oleh para pelaku usaha terutama hasil riset dari para Mahasiswa UMM.

Sementara itu, Rektor UMM, Fauzan mengatakan, ada 40 pelaku usaha dalam Festival Budaya ini. Tujuannya ialah untuk memamerkan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa agar produk mereka direspon oleh dunia usaha dan dunia industri.

"Para pelaku industri ini memiliki heterogenitas agar ada substansibilitas, maka dari kami menyelenggarakan Festival Kebangsaan ini," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved