Rumah Politik Jatim

TPS di Gresik Ini Lakukan Penghitungan Suara Ulang

Untuk TPS 02 hanya ada kesalahan saat plano dan sudah ditemukan selisihnya. Sehingga akan dikoreksi pada esok hari bersamaan dengan proses rekapitulas

Editor: yuli
willy
Penghitungan suara ulang TPS 01 Desa Asempapak di Kantor Kecamatan Sidayu, Gresik, Jum'at (17/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Dua TPS di wilayah Gresik Utara direkomendasikan menggelar penghitungan suara ulang (PSU). Tercatat TPS 01 dan TPS 02 Desa Asempapak Kecamatan Sidayu yang direkomendasikan Bawaslu melakukan penghitungan suara.

Hal ini menindaklanjuti adanya kesalahan dalam memasukkan data. Di TPS 01 kesalahan fatal terjadi akibat petugas memasukkan data hasil perolehan caleg ke perolehan partai sehingga saat ditotal melebihi jumlah surat suara.

Untuk TPS 02 hanya ada kesalahan saat plano dan sudah ditemukan selisihnya. Sehingga akan dikoreksi pada esok hari bersamaan dengan proses rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan.

Panwascam Sidayu, Faisol mengungkapkan sesuai kesepakatan pagi ini, penghitungan suara ulang hanya dilakukan TPS 01. Proses penghitungan dimulai sejak pukul 08.00 WIB di Kantor Kecamatan Sidayu.

Sebanyak empat kotak suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dilakukan penghitungan suara ulang.

"Sekarang tinggal penghitungan suara DPRD Kabupaten habis shalat jum'at," ujar Faisol Panwascam Sidayu.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu Gresik, Maslukhin mengungkapkan ada dua TPS di Desa Asempapak Kecamatan Sidayu direkomendasikan proses penghitungan ulang segera dilakukan.

"Kalau penghitungan suara ulang sebelum rekapitulasi suara," jelasnya. Willy Abraham

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved