Pemilu 2019

Hasil Quick Count Lembaga Survei SCG: Mayoritas DPRD Jatim Dari Dapil Surabaya Diisi Figur Baru

Hasil hitung cepat pasca pemilu untuk DPRD Jatim mayoritas jajaran legislatif yang akan mengisi kursi parlemen Jatim merupakan figur baru.

Hasil Quick Count Lembaga Survei SCG: Mayoritas DPRD Jatim Dari Dapil Surabaya Diisi Figur Baru
IST
Pemilu 2019 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Lembaga survei Surabaya Consulting Group (SCG) menjelaskan hasil hitung cepat (Quick Count) pasca pemilu untuk DPRD Jatim dari daerah pemilihan (dapil) Jatim 1 (Surabaya), Selasa (23/4/2019). Hasilnya, mayoritas jajaran legislatif yang akan mengisi kursi parlemen Jatim merupakan figur baru.

"Delapan kursi DPRD Jatim dari Surabaya akan diisi oleh orang-orang baru. Hanya ada dua petahana yang kemungkinan lolos dari periode sebelumnya," kata Didik Prasetiyono, Direktur Eksekutif SCG, kepada Suryamalang.com, Selasa (23/4/2019).

Dua nama yang dimungkinkan lolos adalah Agatha Retnosari, anggota DPRD Jatim dari Fraksi PDI Perjuangan dan Hartoyo, Anggota DPRD Jatim dari Fraksi Demokrat. "Agatha masuk di antara tiga Caleg PDI Perjuangan yang kemungkinan lolos," katanya.

Didik menilai, PDI Perjuangan akan lolos ke parlemen dengan menjadi juara dari dapil Jatim 1 (Surabaya). "PDI Perjuangan berhasil menjadi pemenang dengan memperoleh 32,78 persen di Surabaya," jelasnya.

Selain Agatha, PDI Perjuangan memiliki Armuji yang dinilai akan lolos. Caleg nomor urut 1 saat ini masih menjadi Ketua DPRD Kota Surabaya.

Dengan simulasi perhitungan saint league, tujuh kursi dari Dapil Jatim 1 diisi oleh berbagai partai. "Sementara untuk kursi kedelapan, akan diperebutkan oleh PDI Perjuangan dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia)," jelasnya.

Saat ini Quick Count SCG baru mendapat 90 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Kalau sudah seratus persen, tahu secara total untuk delapan kursi itu," katanya.

Dari daftar partai yang disampaikan, ada tujuh partai yang diprediksi lolos ke DPRD Jatim dari Dapil Surabaya. Selain PDI Perjuangan, ada PKB, Gerindra, PKS, Demokrat, Golkar dan PSI. "PSI akan berebut dengan PDI Perjuangan untuk kursi kedelapan dari Dapil Jatim 1," katanya.

Dari daftar nama yang disampaikan, mayoritas berada di kursi nomor urut 1. Hanya PKB yang mengirimkan caleg yang berada di nomor urut 2, yakni Samsul Arifin.

"Selain Samsul Arifin, ada Agatha yang berada di nomor urut tiga. Namun, Agatha menjadi caleg kedua dari PDI Perjuangan yang lolos," katanya.

Namun, pihaknya belum menghitung persentase pemilih yang mencoblos partai atau caleg. "Kami belum memastikan persentase pemilih yang memilih caleg atau mencoblos partai," katanya.

Namun, kepastian partai yang lolos masih harus menunggu hasil resmi Rekapitulasi Real Count di KPU. Saat ini proses perhitungan baru sampai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved