Kabar Blitar

Dinas Pendidikan Siapkan Aplikasi Untuk PPDB SMP Sistem Online Di Kota Blitar

Dinas Pendidikan mengupayakan pelaksanaan PPDB SMP di Kota Blitar tahun ini murni menggunakan sistem online.

Dinas Pendidikan Siapkan Aplikasi Untuk PPDB SMP Sistem Online Di Kota Blitar
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Ilustrasi PPDB 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Dinas Pendidikan Kota Blitar mulai mempersiapkan perangkat untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP pada 2019. Dinas Pendidikan mengupayakan pelaksanaan PPDB SMP di Kota Blitar tahun ini murni menggunakan sistem online.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin mengatakan, sistem PPDB SMP tahun ini sama dengan tahun lalu. Sistem PPDB SMP tahun ini tetap menggunakan jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur luar kota.
Tetapi, untuk tahun ini, dinas akan mengupayakan pelaksanaan PPDB menggunakan sistem online.

"Kalau kebijakannya hampir sama dengan tahun lalu. Tapi, kami mengupayakan PPDB tahun ini murni secara online. Rencana PPDB SMP akan dibuka pertengahan Mei 2019," kata Dindin, Senin (29/4/2019).

Dindin mengatakan, saat ini dinas sedang mempersiapkan perangkat untuk pelaksanaan PPDB SMP secara online. Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Kominfotik Kota Blitar untuk membuat aplikasi PPDB SMP.

Selain itu, Dinas Pendidikan juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar terkait tempat tinggal orang tua siswa. "Kami masih berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyiapkan perangkat PPDB SMP," ujarnya.

Seperti diketahui, PPDB SMP di Kota Blitar pada 2018 sudah dilakukan secara online. Sistem PPDB di Kota Blitar menggunakan zonasi. Ada tiga zonasi berdasarkan jumlah kecamatan di Kota Blitar.

Tiga zonasi itu Kecamatan Kepanjenkidul, Kecamatan Sananwetan, dan Kecamatan Sukorejo. Zonasi Kecamatan Kepanjenkidul meliputi SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 7. Zonasi Kecamatan Sananwetan meliputi SMPN 4, SMPN 5, dan SMPN 6. Lalu zonasi Kecamatan Sukorejo meliputi SMPN 2, SMPN 8, dan SMPN 9.

Dalam sistem zonasi ini syarat utama siswa diterima berdasarkan jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah. Sedangkan nilai ujian nasional menjadi syarat kedua untuk penerimaan siswa baru. Selain pendaftaran PPDB online, Dinas Pendidikan Kota Blitar juga membuka pendaftaran melalui jalur prestasi. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved