Nasional

THR dan Gaji ke 13 PNS dan Pensiunan Cair, Catat Tanggal Pencairannya yang Berbeda

Pencairan THR dan gaji ke 13 PNS dan pensiunan bisa dipastikan setelah Peraturan Pemerintah (PP) sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

THR dan Gaji ke 13 PNS dan Pensiunan Cair, Catat Tanggal Pencairannya yang Berbeda
Kolase/Tribunnews
THR dan gaji ke 13 PNS dan pensiunan jelang lebaran 2019 siap dicairkan. Jadwalnya di akhir bulan ini dan bulan depan 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan dipastikan sudah dapat dicairkan sesuai jadwal sebelum lebaran tahun ini.

Pemerintah melalui Menteri Keuangan menyatakan pencairan THR dan gaji ke 13 PNS dan pensiunan bisa dipastikan setelah Peraturan Pemerintah (PP) sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Sesuai yang dijanjikan sebelumnya, THR dan gaji ke 13 PNS dan pensiunan bisa dicairkan sebelum libur dan cuti bersama di akhir bulan ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, THR untuk PNS dan pensiunan akan cair pada 24 Mei 2019 atau sekitar seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Ivan Gunawan Galau Saingan Sama Syahrini, Absen di Gala Dinner Gara-gara Gaun: Gue Takut Lu Minder

Mayangsari Kepergok Belanja Sayur Bareng Khirani Trihatmodjo,Tampil Necis Pakai Sandal Seharga Motor

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengungkapkan anggaran THR PNS dan pensiunan mencapai Rp 20 triliun.

"Peraturan Menteri Keuangannya (PMK) kami selesaikan hari ini dan sesudah itu kementerian atau lembaga dan daerah sudah bisa memulai proses mengajukan," ujarnya di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono mengatakan, anggaran gaji ke-13 PNS dan pensiunan juga mencapai Rp 20 triliun pada 2018.

Namun demikian, pencairan gaji ke-13 akan dilakukan pada pertengahan tahun karena tujuan awalnya ditujukan untuk membantu biaya sekolah anak.

Nginap di Rumah Janda 2 Anak, Kepala Desa Digerebek Warga

Bulan Puasa, Arema FC Pangkas Durasi Latihan

Bila ditotal, maka anggaran THR dan gaji ke-13 PNS pada 2019 mencapai Rp 40 trilliun, atau melonjak dari Rp 35,8 triliun pada 2018.

Perempuan yang akrab disapa Ani itu mengatakan, pencairan THR dan gaji ke-13 akan memiliki dampak kepada kepercayaan konsumen berbelanja.

Hal itu diyakini akan turut membantu pertumbuhan ekonomi meskipun sangat kecil dampaknya.

"Namun ada sisi musiman di mana masyarakat secara keseluruhan, non ASN pun, melakukan kegiatan pada sekitar bulan Ramadhan dan hari raya nanti. Itu yang diharapkan dapat mendorong konsumsi," kata Sri Mulyani.

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Segera Cair, THR dan Gaji ke-13 PNS-Pensiunan Capai Rp 40 Triliun ", https://money.kompas.com/read/2019/05/08/150100026/segera-cair-thr-dan-gaji-ke-13-pns-pensiunan-capai-rp-40-triliun-.
Penulis : Yoga Sukmana

Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved