Kabar Surabaya

Wagub Jatim: Jalan Tol Pandaan-Malang Akan Difungsionalkan Untuk Jalur Mudik Lebaran 2019

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai melakukan persiapan jalan untuk mudik lebaran 1440 H mendatang untuk menghindari terjadinya kemacetan saat mudik.

Wagub Jatim: Jalan Tol Pandaan-Malang Akan Difungsionalkan Untuk Jalur Mudik Lebaran 2019
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat diwawancara di Grahadi Kamis (9/5/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai melakukan persiapan jalan untuk mudik lebaran 1440 H mendatang. Pasalnya, kondisi jalan harus mulai disiapkan guna menghindari adanya kemacetan berlebihan saat lebaran Idul Fitri.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan, jalan yang bakal dioptimalkan sebagai jalur mudik adalah jalan tol. Sebagaimana diketahui ada sejumlah seksi jalan tol yang sudah siap operasi namun belum dioperasional karena belum diresmikan. Jalan-jalan tersebut rencananya akan dibuka untuk fungsional saat momen mudik lebaran mendatang.

"Penyiapan jalan untuk jalur mudik baru saja kita bahas ya terutama jalan tol. Dalam dua hari ini Kepala Badan Pengelolaan Jalan Tol didampingi Kadishub Jatim akan melakukan pengecekan dan assessment untuk Jalan Tol Pandaan Malang. Insya Allah jalan tol Pandaan - Malang akan difungsionalkan saat lebaran nanti agar bisa digunakan untuk jalur mudik," kata Emil, Kamis (9/5/2019).

Namun untuk seksi mana yang dibuka, dikatakan Emil, masih harus menunggu hasil assessment tim tersebut. Apakah akan difungsionalkan hingga Karanglo atau lanjut ke seksi berikutnya.

Begitu juga untuk jalan tol Pasuruan - Probolinggo seksk Grati hingga Leces yang saat ini sudah beroperasi. Meski begitu Emil mengatakan, yang harus dipersiapkan adalah terkait exit tol.

"Kita sedang cek juga di exit tol Leces. Kita akan pastikan di exit tol tidak ada bottle neck yang membuat kemacetan. Rombongan akan melakukan assessment ke sana," tegas Emil.

Namun ia mengatakan, jalan-jalan yang menjadj jalur mudik akan dioptimalkan. Sebab akses jalan menjadi hal yang krusial dibutuhkan bagi masyarakat yang mudik lebaran.

Di sisi lain suami Arumi Bachsin ini mengatakan, selain penyediaan akses jalan untuk mudik lebaran, Pemprov Jawa Timur juga menyediakan layanan mudik gratis. Yang menyediakan ribuan kendaraan mulai bus, kereta dan kapal laut untuk digunakan masyarakat mudik ke daerahnya masing-masing di Jawa Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Jawa Timur, Fattah Jasin menambahkan, pendaftaran mudik gratis sudah dibukan melalui online. "Ada 650 bus yang kita sediakan untuk mudik gratis tahun ini. Lalu juga ada mudik menggunakan kereta api dan menggunakan kapal laut untuk mengantarkan msyarakat mudik ke daerah kepulauan. Semua gratis dan pendaftaran masih dibuka," kata Fattah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved