Pemilu 2019

Perolehan Kursi Dapil Jatim VIII Untuk DPRD Jatim: Wakil Ketua DPRD Jatim Gagal Lolos Parlemen

Hasil rekapitulasi tingkat provinsi dari dapil Jatim VIII hanya lima partai politik yang sukses mengirimkan kadernya ke DPRD Jatim.

Perolehan Kursi Dapil Jatim VIII Untuk DPRD Jatim: Wakil Ketua DPRD Jatim Gagal Lolos Parlemen
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Proses rekapitulasi suara tingkat provinsi Jawa Timur. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Hasil rekapitulasi tingkat provinsi dari daerah pemilihan (dapil) Jatim VIII yang meliputi Kabupaten Kediri dan Kota Kediri menunjukkan hanya lima partai politik yang sukses mengirimkan kadernya ke DPRD Jatim. Hanya ada PDIPerjuangan (dua kursi), PKB, Demokrat, PAN, dan Golkar saja yang sukses mengirimkan wakilnya.

Di dapil yang memperebutkan enam kursi DPRD Jatim ini, beberapa caleg merupakan figur sentral di masing-masing partai. Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat Provinsi, beberapa petahana yang lolos adalah Chusainuddin (PKB), A Basuki Babussalam (PAN), dan Subianto. Sedangkan beberapa nama baru dari dapil ini adalah Wara Sundari Renny Pramana (PDI Perjuangan), Heri Setiawan (PDI Perjuangan), dan Sabron Jamil (Golkar).

Beberapa nama tersebut merupakan figur senior di masing-masing partai. Misalnya, Basuki Babussalam adalah Sekretaris DPW PAN Jatim. Sementara Wara Sundari merupakan Bendahara DPD PDI Perjuangan Jatim. Demikian juga dengan Sabron yang pernah menjadi Wakil Ketua DPD Golkar Jatim sekaligus manta Ketua Komisi A DPRD Jatim periode 2009-2014 silam.

Selain beberapa senior partai tersebut, beberapa tokoh di partai lain harus gagal pada pemilu kali ini. Misalnya, caleg dari Partai Gerindra, Tjujuk Sunario. Saat ini, Tjujuk yang juga Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim dari Fraksi Partai Gerindra.

Selain dari Gerindra, NasDem pun demikian. Caleg NasDem nomor urut 1 dari dapil ini, M Abid Umar gagal lolos ke parlemen meskipun menjadi peraih suara terbanyak di partainya (20.577 suara). Pria yang akrab disapa Gus Abit ini juga saat ini menjadi Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Jawa Timur (Badan Otonom Nahdlatul Ulama/NU dari unsur kepemudaan).

Sementara itu, rekapitulasi suara menyisakan tujuh kabupaten/kota yang akan dihitung di hari terakhir target waktu KPU Jatim, Kamis (9/5/2019). Kelima daerah tersebut yakni empat kabupaten di Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep), serta Malang, Kota Malang dan Surabaya. Meskipun demikian, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di ketujuh daerah tersebut masih mencapai sekitar 12 juta suara (40 persen dari DPT di Jatim).

Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan menjelaskan, proses rekapitulasi suara tingkat provinsi masih relatif lancar. Namun, sejumlah perbaikan data pemilih masih terus dilakukan di beberapa daerah atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Baawaslu) Jatim.

”Bawaslu Jatim sempat memerintahkan kami untuk mencocokan DA1 Plano dengan DB1 di Kabupaten Probolinggo. Ternyata, ada perubahan suara di salah satu partai politik. Namun, secara umum rekapitulasi masih berjalan lancar,” kata Insan ketika dikonfirmasi, Kamis (9/5/2019).

Perolehan Kursi DPRD Jatim Dapil Jatim VIII Menggunakan Metode Saint League:

Kursi Pertama (PDI Perjuangan): Wara Sundari Renny Pramana (97.379 suara)
Kursi Kedua (PKB): Chusainuddin (44.776)
Kursi Ketiga (Demokrat): Subianto (65.365 suara)
Kursi Keempat (PDI Perjuangan): Heri Setiawan (28.179 suara)
Kursi Kelima (PAN): A Basuki Babussalam (50.301 suara)
Kursi Keenam (Golkar): Sabron Djamil (20.924 suara)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved