Kabar Surabaya

Kedubes Amerika Dorong Peningkatan Pelajar Indonesia Raih Beasiswa

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) terus mendorong peningkatan pelajar Indonesia untuk meraih beasiswa di AS.

Kedubes Amerika Dorong Peningkatan Pelajar Indonesia Raih Beasiswa
sulvi sofiana
Heather Variava, wakil dubes AS untuk Indonesia (tiga dari kiri) dalam kunjungannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (13/5/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) terus mendorong peningkatan pelajar Indonesia untuk meraih beasiswa di AS.

Heather Variava, wakil dubes AS untuk Indonesia mengungkapkan upaya peningkatan jumlah pelajar Indonesia di AS Ini menjadi bagian dalam rangka memeriahkan perayaan 70 tahun Hubungan Diplomatik antara Republik Indonesia dan AS.

"Tahun ini kami merayakan ultah ke 70 antara hubungan As dan Indonesian. Di bidang pendidikan kami memiliki program pertukaran pelajar, beasiswa, pertukaran kebudayaan di Washington DC dan di Indonesia serta program keamanan,"urainya dalam kunjungannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (13/5/2019).

Ia mengungkapkan saat ini sudah ada 9.000 pelajar Indonesia di AS. Untuk mempermudah informasi beasiswa pendidikan di AS, Heather menjelaskan pihaknya memiliki EducationUSA (EdUSA) yang baru saja meluncurkan sebuah program terbaru bernama “Targeted Advising Group (TAG)”.

"Melalui program TAG, penasihat EdUSA bersama siswa atau lulusan perguruan tinggi dan universitas AS, secara intensif akan membimbing anak muda Indonesia yang ingin dan memiliki komitmen belajar di Amerika Serikat," lanjutnya

Iapun tak segan berbagi informasi karir yang mungkin ingin ditempuh mahasiswa Unair. Salah satunya dengan menjadi diplomat seperti dirinya.

"Saya berusaha berdialog dengan mahasiswa Unair,Unesa dan UPN sebagai generasi penerus. Kami sharing dan bertukar pikiran serta pandangan akan kebijakan Indo-pasifik dan pengalaman saya sebagai diplomat," pungkasnya.

Sartika Soesilowati, dosen Hubungan Internasional Unair menjelaskan kedatangan Kedubes ke kampusnya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan Hubungan Internasional.

"Kunjungan duta besar bisa mencocokkan apa yang mereka pelajari. Mereka bukan hanya belajar tentang politik tapi juga kiatnya menjadi diplomat," ujarnya.

Berhadapan langsung dengan perwakilan Kedubes AS menurutnya akan menjadi contoh langsung bagaimana bersikap sebagai diplomat. Serta bersikap dan pemilihan dalam menggunakan bahasa saat berdialog.

Penulis: sulvi sofiana
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved