Malang Raya

Khofifah Kenang Sosok KH Muhammad Tholchah Hasan Saat Jenguk Di RS Saiful Anwar Malang

KH Muhammad Tholchah Hasan bisa diajak berkomunikasi. Namun KH Muhammad Tholchah Hasan masih dalam perawatan

Khofifah Kenang Sosok KH Muhammad Tholchah Hasan Saat Jenguk Di RS Saiful Anwar Malang
suryamalang.com/Benni Indo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berada di RS Saiful Anwar Kota Malang setelah menjenguk KH Muhammad Tholchah Hasan. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjenguk KH Muhammad Tholchah Hasan di RS Saiful Anwar Kota Malang, Senin (13/5/2019). Khofifah tiba di RS Saiful Anwar sekitar pukul 12.30 wib.

Ia didampingi Wali Kota Malang Sutiaji dan Plt Bupati Malang M Sanusi. Khofifah menjenguk KH Muhammad Tholchah Hasan sekitar 10 menit.

Di hadapan media, Khofifah mengatakan, kalau KH Muhammad Tholchah Hasan bisa diajak berkomunikasi. Namun KH Muhammad Tholchah Hasan masih dalam perawatan. "Sampai saat ini kondisinya agak lemah tapi beliau masih dawuh-dawuh. Pokoknya berkomunikasi tetap bisa dilakukan," katanya.

Khofifah juga meminta doa masyarakat untuk kesehatan KH Muhammadi Tholchah Hasan. "Hari ini beliau sedang sakit mohon doanya trutama warga NU. Semoga selalu dilindungi," jelasnya.

Khofifah mengatakan, baru mendapat kabar terkait kondisi KH Muhammad Tholchah Hasan kemarin, Minggu (12/5/2019). Setelah mengikuti kegiatan dengan Presiden Joko Widodo dalam peresmian jalan tol di Singosari, Khofifah langsung menuju RS Saiful Anwar.

Khofifah bercerita tentang sosok kyai yang ia kenal baik itu. Katanya, KH Muhammad Tholchah Hasan adalah seorang tokoh dan ulama besar yang memiliki peran besar di dunia pendidikan.

"Beliau adalah tokoh dan ulama besar yang selalu mendidik anak-anak bangsa dr Unisma sampai Sabilillah," ujar Khofifah.

Khofifah mengenang kembali KH Muhammad Tholchah Hasan pada 1998. Saat itu, Khofifah dihubungi mantan Menteri Agama pada Kabinet Persatuan Nasional itu untuk menjadi ketua yayasan Khadijah.

"Saya diminta menjadi ketua yayasan, saya bilang tidak sanggup, tapi beliau bilang saya harus mau," kenang Khofifah.

Khofifah menegaskan, KH Muhammad Tholchah Hasan adalah sosok yang lurus. Dirinya tidak berafiliasi dengan partai politik. Sehingga ia menjadi sosok yang berkharisma. "Kader-kader beliau lebih banyak masuk ke area profesional," tutur Khofifah.

dr Muhammad S Niam yang menangani KH Muhammad Tholchah Hasan menerangkan, sebelum dirawat di RS Saiful Anwar, KH Muhammad Tholchah Hasan dirawat di RS Islam dan RS Muslimat. "Masuk di sini mulai kemarin," katanya.

Diterangkan dr Niam, terdapat penyumbatan pada saluran pencernaan di bagian atas. dr Niam menambahkan, petugas medis fokus perbaikan nutrisi untuk KH Muhammad Tholchah Hasan. "Ya kami hanya memperbaiki nutrisi. Nutrisi bagus semua komplikasi bisa diatasi," paparnya.

dr Niam belum bisa menjelaskan detail kondisi KH Tholchah Hasan karena baru berada di RS Saiful Anwar selama dua hari. Ia juga tidak bisa menerangkan berapa lama KH Muhammad Tholchah Hasan harus menjalani perawatan. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved