Kabar Tulungagung

Ditetapkan Tersangka Korupsi Oleh KPK, Supriyono Menjadi Caleg Peraih Suara Tertinggi Di Tulungagung

Sesuai hasil rekapitulasi Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Tulungagung, Supriyono mendapatkan suara terbanyak.

Ditetapkan Tersangka Korupsi Oleh KPK, Supriyono Menjadi Caleg Peraih Suara Tertinggi Di Tulungagung
suryamalang.com/David Yohanes
Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Supriyono yang ditetapkan tersangka dugaan korupsi oleh KPK yang dalam pemilu 2019 sebagai peraih suara terbanyak. 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi telah menetapkan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono sebagai tersangka, Senin (13/5/2019) malam. Supriyono diduga menerima uang dari hasil tindak pidana korupsi sebesar Rp 4,88 miliar.

Sebelum penetapan sebagai tersangka, Supriyono sempat maju sebagai calon anggota DPRD Tulungagung, saat pemilu 2019. Bahkan, sesuai hasil rekapitulasi di tingkat Kabupaten Tulungagung, Supriyono mendapatkan suara terbanyak.

"Dia maju dari Dapil 1 (Kota, Ngantru, Kedungwaru) dan mendapatkan suara paling banyak," kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Bondan Djumani, Selasa (14/5/2019).

Supriyono juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung. Berdasarkan data dalam SK Penetapan Rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Supriyono mendapatkan 10.192 suara. Sementara suara di bawahnya, Binti Luklukah sesama Caleg PDI Perjungan mendapatkan 7.527 suara.

Perolehan suara pribadi Supriyono bahkan mengalahkan perolehan suara sejumlah partai di Dapil 1 yang juga mendapatkan kursi.

Misalnya Gerindra yang mendapatkan 8.111 suara, PKS yang mendapatkan 7.378 suara, dan PAN yang mendapat 6.599 suara. Bukan hanya itu, perolehan suara Supriyono bahkan yang tertinggi dari seluruh Caleg di Tulungagung.

Sebagai perbandingan, di Dapil 2 Abdulah Ali Munib dari PKB memperoleh suara tertinggi dengan 8.728 suara. Di dapil 3 Joko Tri Asmoro dari PDI Perjauangan mendapatkan suara terbanyak dengan 7.193 suara. Di Dapil 4 Sunarko dari PDI Perjuangan mendapatkan suara tertinggi dengan 9.833 suara. Dan di Dapil 5 Saiful Anwar dari PDI Perjuangan mendapatkan suara tertinggi dengan 8.383 suara.

Dengan perolehan suara tertinggi di Tulungagung, Supriyono digadang-gadang kembali menduduki posisi Ketua DPRD Tulungagung. Namun terkait proses hukum di KPK, Bondan enggan memberi tanggapan.

"Kalau masalah hukumnya menjadi ranah DPP. Apakah ada pendampingan hukum atau tidak, DPP yang menentukan," tutur Bondan. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved