Kabar Surabaya

Partai Demokrat Raih 14 Kursi DPRD Jatim Sesuai Nomor Urut Partai

Partai Demokrat berada di peringkat keempat sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak di DPRD Jatim.

Partai Demokrat Raih 14 Kursi DPRD Jatim Sesuai Nomor Urut Partai
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Sekretaris DPD Demokrat Jawa Timur Renville Antonio di kota Malang, Minggu (26/11/2017). 

SURYAMALANG.COM ,SURABAYA - Partai Demokrat berada di peringkat keempat sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak di DPRD Jatim. Meraih 14 kursi DPRD Jatim, Demokrat berada di bawah PDI Perjuangan (27 Kursi), PKB (25 kursi), dan Gerindra (13 kursi).

Menyikapi hal tersebut, Demokrat mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung dan relawan partainya. "Kursi kami ditakdirkan sama dengan nomor urut partai," kata Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio kepada jurnalis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (14/5/2019).

Pada pemilu 2019, Demokrat memang berada di nomor urut 14. "Karena kami dapat nomor 14, ya kursinya dapat 14," seloroh Renville yang juga anggota DPRD Jatim ini.

Hasil ini memang kurang dari target. Yang mana, pihaknya sebelumnya menargetkan dapat meraih 18 kursi DPRD Jatim. Namun, dengan pencapaian tersebut, pihaknya tetap mengapresiasi seluruh pihak. "Perolehan ini tetap membuat partai kami menambah satu kursi dari perolehan pemilu sebelumnya," kata Renville.

Di pemilu 2014, Demokrat memang mendapat 13 kursi dari 11 daerah pemilihan untuk 100 kursi DPRD Jatim yang diperebutkan. Hasil ini juga membuat partai yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono ini menempati peringkat keempat.

Meskipun jumlah kursi Demokrat di DPRD Jatim naik, namun prosentase kursi mereka cenderung menurun mengingat jumlah kursi DPRD Jatim periode 2019-2024 meningkat menjadi 120 kursi dan berada di 14 dapil. Dari yang awalnya sebesar 13 persen menjadi 11,6 persen kursi untuk periode 2019-2024.

Namun, Renville menegaskan bahwa hasil ini merupakan buah kerja keras seluruh pihak yang tetap patutu dipresiasi. Sebab, pemilu 2019 menjadi salah satu pesta demokrasi paling berat bagi partai berlambang bintang mercy ini.

Mengingat, Demokrat tak berharap banyak terhadap efek ikutan (coattail effect) dari pemilihan presiden. Sebab, Demokrat tak mencalonkan kadernya di pemilihan presiden 2019, melainkan ikut mengusung Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Saya rasa ini sudah maksimal. Sebab, pekerjaan Partai Demokrat sangat berat karena kami tidak memiliki kader yang menjadi capres atau cawapres," kata Renville.

"Sehingga, tak ada efek tarikan (coattail effect) yang bisa kami ambil. Oleh karena itu, hasil ini sudah luar biasa," jelas mantan Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil di pemilihan Gubernur Jatim 2018 silam ini.

Pada pemilu 2019, Demokrat berhasil mengunci satu kursi hampir di seluruh dapil. Bahkan untuk dapil 9 yang meliputi Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi, serta Dapil Jatim 14 yang meliputi seluruh Kabupaten di Pulau Madura, Demokrat berhasil mengunci dua kursi.

Dari 14 nama itu, mayoritas masih berisikan para petahana. Praktis, ada empat kader baru yang lolos pada pemilu kali ini melalui Partai Demokrat. Di antaranya, Eko Prasetyo Wahyudiarto, Kuswanto, Bayu Airlangga, dan Zainal Abidin. (bob)

Daftar Kursi Demokrat untuk DPRD Jatim:
1. Hartoyo (Dapil Jatim 1)
2. Kusnadi (Dapil Jatim 3)
3. Agung Mulyono (Dapil Jatim 4)
4. Reno Zulkarnaen (Dapil Jatim 5)
5. Agus Dono (Dapil Jatim 6)
6. Subianto (Dapil Jatim 8)
7. Sri Subiati (Dapil Jatim 9)
8. Eko Prasetyo Wahyudiarto (Dapil Jatim 9)
9. Kuswanto (Dapil Jatim 10)
10. Bayu Airlangga (Dapil Jatim 11)
11. Surawi (Dapil Jatim 12)
12. Samwil (Dapil Jatim 13)
13. Achmad Iskandar (Dapil Jatim 14)
14. Zainal Abidin (Dapil Jatim 14)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved