Kabar Sumenep

Pocong Keliling Pulau Masalembu, Refleksi Perjalanan Kehidupan di Alam Kekal

Warga Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, memiliki tradisi takbir keliling dalam rangka menyambut Idhul Fitri 1440 Hijriyah.

Pocong Keliling Pulau Masalembu, Refleksi Perjalanan Kehidupan di Alam Kekal
ist
POCONG KELILING - Warga Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, memiliki tradisi takbir keliling dalam rangka menyambut Idhul Fitri 1440 Hijriyah. 

SURYAMALANG.COM, SUMENEP - Warga Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, memiliki tradisi takbir keliling dalam rangka menyambut Idhul Fitri 1440 Hijriyah.

Para remaja Masjid Jami' Al - Khairat di Desa Masalima Kecamatan/Pulau Masalembu itu memulai takbir keliling usai salat tarawih sekitar pukul 20.00 WIB, Sabtu (1/6/2019).

"Setiap tahun kalau di akhir Ramadan pasti warga dihibur kegiatan unik seperti ini, kalau tahun lalu musik tradisional tong-tong saja, kali ini lebih meriah pakai kostum pocong," kata perempuan yang rumahnya dekat dengan acara itu.

Pulau Masalembu terletak di Laut Jawa, antara Jawa dan Kalimantan. Meski lokasinya jauh dari Pulau Madura, kepulauan Masalembu termasuk wilayah Kabupaten Sumenep di Madura daratan.

Ketua panitia, Suryadi, menyampaikan, ini adalah keragaman ekspresi umat Islam dalam menyongsong hari kemenangan di ujung Ramadan.

"Lomba takbir keliling kali ini terbilang unik karena dengan atraksi kostum pucong. Kostum pocong diiringi suara lantunan takbir peserta lomba," katanya.

"Ini refleksi kami pada perjalanan kehidupan manusia kelak di alam kekal," papar Suryadi. Ali Hafidz Syahbana

VIDEO : Kapal Motor Mutiara Sentosa 1 Terbakar di Perairan Masalembu Madura

Masyarakat Kepulauan Masalembu Mendambakan Bandar Udara

PETA - Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved