Kabar Trenggalek

Sonjo Pendopo Kembali Dihidupkan, Tempat Warga Memberi Ide dan Berkeluh Kesah Pada Bupati Trenggalek

Masyarakat Trenggalek yang ingin berkeluh kesah, berbagi ide, atau apapun langsung ke bupati bisa datang ke Pendopo setelah Shalat Jumat.

Sonjo Pendopo Kembali Dihidupkan, Tempat Warga Memberi Ide dan Berkeluh Kesah Pada Bupati Trenggalek
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek M Nur Arifin ketika bertemu dengan tamu Sonjo Pendopo, Jumat (14/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek M Nur Arifin kembali membuka kegiatan Sonjo Pendopo, Jumat (14/6/2019). Masyarakat Trenggalek yang ingin berkeluh kesah, berbagi ide, atau apapun langsung ke bupati bisa datang ke Pendopo saban Jumat setelah Shalat Jumat hingga sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam Sonjo Pendopo, Jumat (14/6/2019), Bupati bertemu dengan komunitas difabel, perwakilan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Trenggalek.

Sonjo Pendopo merupakan program sebenarnya pernah dijalankan Arifin -- atau Gus Ipin -- ketika awal-awal menjabat sebagai Plt Bupati Trenggalek.

Saat itu, posisi bupati ditinggalkan Emil Elestianto Dardak yang tengah cuti di kampanye Pilkada Jatim. Program itu sempat terhenti ketika masa cuti Emil selesai. Program ini dibuka kembali setelah Gus Ipin dilantik menjadi bupati.

"Karena masyarakat kalau datang pas hari kerja, takutnya berbarengan dengan kegiatan-kegiatan rutin. Masyarakat yang enggak janjian dan enggak tahu nomor saya, mau datang konsultasi atau audiensi, saya kasih waktu hari Jumat seperti sekarang ini," kata Gus Ipin, usai menemui beberapa tamu Sonjo Pendopo.

Salah satu yang dibahas saat Sonjo Pendopo hari itu adalah rencana persiapan relokasi kantor BNN. Kantor yang saat ini berdiri rencananya akan dibangun Pasar Pon.

"Kita ingin mendekatkan akses masyarakat terhadap pemerintah. Karena bagaimanapun pemilik kabupaten ini adalah masayrakat. Kita perlu mendengar langsung dari masyarakat, sedangkan waktu bertemu dan bertatap muka kan harus di-manage sedemikian rupa dan tugas kita di pemerintahan juga banyak," ucapnya.

Ia berharap, Sonjo Pendopo bakal dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Mereka boleh memberi ide, masukan, inovasi, bahkan mengeluh dalam kegiatan itu. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved