Kabar Mojokerto

Bangunan Kuno Kerajaan Majapahit Ditemukan di Galian Pembuatan Bata di Mojokerto, Tertanam 1,3 Meter

Struktur bangunan kuno era kerajaan Majapahit itu pertama kali ditemukan Muchlason (46), Pembuat Batu Bata Di Kabupaten Mojokerto, Rabu pagi

Bangunan Kuno Kerajaan Majapahit Ditemukan di Galian Pembuatan Bata di Mojokerto, Tertanam 1,3 Meter
Tribun Jatim/Febrianto Ramadani
Tim BPCB Trowulan Mojokerto Jawa timur saat meninjau lokasi penemuan struktur bangunan kuno di Dusun Bendo Desa Kumitir Mojokerto 

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO -  Struktur bangunan kuno yang diperkirakan sebagai bagian dari sentra pemukiman di jaman kerajaan Majapahit ditemukan di tempat pembuatan batu-bata di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

Struktur bangunan kuno era kerajaan Majapahit itu pertama kali ditemukan Muchlason (46), Pembuat Batu Bata Di Kabupaten Mojokerto, Rabu pagi (19/06/2019).

Temuannya itu lantas dilaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Sanusi Belum Putuskan Akan Maju Atau Tidak dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020

PKB Siapkan Nama Artis untuk Gantikan Bu Risma Sebagai Wali Kota dalam Pilwali Surabaya 2020

Cinta Segitiga Nikita Mirzani, Ibnu Jamil & Vicky Nitinegoro, Ini yang Beruntung Tidur di Ranjang

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, Jawa Timur telah meninjau lokasi penemuan struktur bangunan batu-bata kuno itu.

Dari tinjauan langsung sudah bisa didapat kesimpulan awal jika struktur bangunan kuno itu diperkirana bagian salah satu sentra atau pusat temuan struktur kuno.

Struktur bangunan yang terdiri dari batu-bata kuno ini berbentuk seperti pondasi kerajaan. Muchlason temukan pada saat dirinya menggali tanah yang ingin dibuat batu-bata.

"Saya menemukan struktur bangunan batu bata kuno pada Rabu pagi (19/06/2019), saat saya menggali tanah buat bata merah dalam kedalaman sekitar 1,30 meter saya melihat ada tumpukan batu bata kuno yang bentuknya seperti pondasi," kata Muchlason (46) kepada tribunjatim di lokasi penemuan situs bangunan batu bata kuno, Jumat siang (21/06/2019).

Struktur batu bata kuno yang ditemukan di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto yang diduga sebagai bangunan kuno jaman kerajaan Majapahit dibersihkan setelah ditemukan  Muchlason (46)
Struktur batu bata kuno yang ditemukan di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto yang diduga sebagai bangunan kuno jaman kerajaan Majapahit dibersihkan setelah ditemukan Muchlason (46) (Tribun Jatim/Febrianto Ramadani)

Menurut Muchlason, panjang struktur batu bata kuno sekitar 30 meter, tinggi sekitar 1 meter dan lebar 1,30 meter.

Diperkirakan, struktur bangunan batu bata kuno ini merupakan peninggalan dari kerajaan Kerajaan Majapahit. Selain itu, Struktur ini diperkirakan masih tertimbun tanah.

Setelah menemukan situs struktur bangunan tersebut, Muchlason beserta temannya, Nur Kholis (48), yang juga merupakan pembuat batu bata, melaporkannya ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Halaman
123
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved