Kota Batu

Pemkot Batu Wadahi Tukar Guling Untuk Pemukiman Warga

Tanah seluas 14 hektar di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, ditukar guling dengan tanah di Kabupaten Malang.

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Tanah seluas 14 hektar di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, ditukar guling dengan tanah di Kabupaten. Tepatnya di Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Tanah itu ditukar gulingkan untuk keperluan warga di dusun tersebut.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan awalnya tanah tersebut merupakan hutan.

Lalu pemkot Batu mewadahi agar lahan tersebut bisa jadi milik pemkot Batu dan diberikan kepada warga.

“Tukar guling ini sudah sejak lama, jika tukar guling atas nama pribadi tidak bisa, makanya lahan perhutani ini harus diatas namakan Pemkot Batu,” kata Punjul, Senin (1/7/2019).

Oleh karena itu Pemkot Batu membeli tanah di Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang untuk dilakukan tukar guling.

Hal itu sesuai dengan Surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: S.361/MENLHK/SETJEN/PLA.2/5/ 2019 Tanggal 31 Mei 2019 tentang persetujuan prinsip tukar menukar kawasan hutan untuk permukiman penduduk atas nama Pemkot Batu di Kota Batu.

Tukar guling ini sudah dalam tahap penyelesaian yang dipantau langsung dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XI Jogja yang meliputi 6 provinsi diantaranya Jatim.

“Sudah melalui tahap pengukuran luas lahan di tanah itu. Sehingga ketika sudah selesai, maka akan segera dialihkan dan di sertifikat kan atas nama warga yang menempati,” imbuhnya.

Kepala Desa Tulungrejo, Suliyono menambahkan dengan adanya tukar guling ini membantu warga yang tidak mampu.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved