Kabar Trenggalek

Slogan Baru "Trenggalek Meroket" Terus Digemakan: Lepas Landas untuk Prosperity, People, dan Planet

Meroket merupakan singkatan dari tiga tujuan utama pembangunan di Trenggalek yang bermuara untuk kemakmuran, manusia, dan lingkugan.

Slogan Baru
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Forkopimda Kabupaten Trenggalek berpose "Trenggalek Meroket" dalam kegiatan yang digelar di Pendopo Kabupaten beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Kabupaten Trenggalek terus menggaungkan slogan baru "Trenggalek Meroket" ke publik. Dalam berbagai kesempatan, slogan itu disisipkan untuk dikenalkan oleh para pejabat pemkab.

Slogan itu digagas oleh Bupati M Nur Arifin. Meroket merupakan singkatan dari tiga tujuan utama pembangunan di Trenggalek yang bermuara untuk kemakmuran, manusia, dan lingkugan.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin itu menjelaskan, "meroket" merupakan singkatan dari Maju Ekonomi Rakyatnya, Orang dan Organisasinya Kreatif, dan Ekosistem yang Terjaga.

"Pilar prosperity, people, dan planet itu yang harus di internalisasikan di tiap-tiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," kata Mas Ipin, Minggu (30/6/2019).

Ekonomi rakyat yang maju penting karena, menurut Mas Ipin, merupakan bagian dari indikator yang kurang bergerak selama tiga tahun terakhir ia mendampingi bupati sebelumnya, Emil Elestianto Dardak.

"Selama tiga tahun saya mendampingi Pak Emil, indikator yang bergeraknya kurang adalah terkait pembukaan lapangan pekerjaan atau tingkat pengangguran dan indikator terkait pertumbuhan ekonomi," jelas dia.

Nah, "Maju Ekonomi Rakyatnya" merupakan bagian dari jargon yang menunjukkan salah satu fokus program yang ingin dicapai.

Untuk mencapai target itu, setiap bidang harus mampu menjadi bagian yang memajukan ekonomi pelakunya. Bidang pertanian, misalnya, harus mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Pun dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga harus memajukan ekonomi para pelakunya.

Di bidang pertanian, usaha itu didorong kerja sama dengan Bloomberg Havard City Leadership yang ingin mengembangkan produksi minyak atsiri di Trenggalek.

Bidang pertanian penting karena mayoritas warga Trenggalek bermatapencaharian sebagai petani.
Sementara untuk UMKM, usaha menuju kesejahteraan didorong dengan pengurusan izin yang supermudah. Pihak kecamatan yang akan mendatangi dan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mengurus izin. Dengan izin UMKM, akses modal bagi pelaku bisnis itu akan lebih mudah.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved