Wisata Kuliner

Tiap Orang Bisa Bikin Sambal, Mengapa Sambal Bu Rudy Begitu Populer? Ini Cerita Lany Siswandi

Bertempat di Depot Bu Rudy Kupang Indah, pendiri depot tersebut, Lany Siswandi atau yang akrab disapa Bu Rudi, menceritakan perjalanan usahanya.

Tiap Orang Bisa Bikin Sambal, Mengapa Sambal Bu Rudy Begitu Populer? Ini Cerita Lany Siswandi
Hefty
SAMBAL BU RUDY - Lany Siswandi, pendiri Depot Bu Rudy yang produk sambalnya terkenal itu saat merayakan 24 tahun usahanya, di Kupang Indah, Surabaya, Senin (1/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Depot Bu Rudy dari Surabaya yang produk sambalnya terkenal itu, pada Senin (1/7/2019) merayakan 24 tahun berdirinya.

Bertempat di Depot Bu Rudy Kupang Indah, pendiri depot tersebut, Lany Siswandi atau yang akrab disapa Bu Rudi, menceritakan sepenggal perjalanan usahanya.

"Kami sekeluarga ini orang-orang hobi mancing. Lha kalau pas dapat ikan, semua saudara, teman, diundang ke rumah untuk makan. Nah tugas saya membuatkan sambalan untuk lauknya," cerita Bu Rudy.

Dari membuatkan sambal untuk pesta hasil pancingan keluarga, Bu Rudi mendapatkan respons dan dukungan untuk memasarkan sambal buatannya.

"Jadi awalnya nggak direncanakan untuk buka usaha sambal. Makanya saya nyebut sambal buatan saya ini sambal setopan," paparnya.

Setopan, lanjutnya, karena saat berkendara, pengendara akan mendadak berhenti saat lampu merah. Setopan berasal dari kata stop, berhenti. Setopan maksudnya pemberhentian.

Hal itu, menurut Bu Rudi, serupa dengan bagaimana bisnis sambalnya dimulai. Karena orang-orang yang ikut makan pesta hasil pancingan keluarganya menyarankan, sambal buatannya pun mendadak dijual di pasaran.

Oleh sebab itu, pada kemasan sambal Bu Rudi, tutup wadahnya berwarna merah kuning dan hijau.

Merah untuk tutup sambal bawang, kuning untuk tutup wadah sambal bajak, dan hijau untuk tutup sambal peda atau ijo.

"Saya bahkan nggak menyangka responsnya bisa seperti ini. Saya pikir kan, siapapun bisa buat sambal. Tapi ternyata penggemar sambal saya sampai seperti ini," ujarnya. Hefty's Suud

24 Tahun Depot Bu Rudy Surabaya, Sehari Mengolah 400 Kg Cabai, Pernah Dituduh Pakai Pelet

Lany Siswandi, pemilik usaha sambal Bu Rudy, merayakan 24 tahun pendirian usahanya di Depot Bu Rudy, Surababaya, Senin (1/7/2019).
Lany Siswandi, pemilik usaha sambal Bu Rudy, merayakan 24 tahun pendirian usahanya di Depot Bu Rudy, Surababaya, Senin (1/7/2019). (Hefty)
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved