Kabar Surabaya

Konferwil GP Ansor Jatim Digelar di Kota Malang, Senin Mulai Buka Pendaftaran Calon Ketua

Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jatim rencananya akan segera menggelar konfrensi wilayah (Konferwil) akhirnya pada 28 Juli 2019 di Malang.

Konferwil GP Ansor Jatim Digelar di Kota Malang, Senin Mulai Buka Pendaftaran Calon Ketua
Google
Logo GP Ansor 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jatim rencananya akan segera menggelar konfrensi wilayah (Konferwil) akhirnya pada 28 Juli 2019 di Malang. Konferwil tersebut rencananya akan membahas pembentukan struktur sekaligus mencari ketua yang baru.

Berdasarkan penjelasan Ketua carateker PW GP Ansor Jatim, Abdul Hakam Aqso, agenda tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 28 Juli 2019 mendatang di Ponpes Sabilurrosyad, Malang. "Ponpes Sabilurrosyad, Malang, merupakan pondok pesantren pimpinan KH Marzuki Mustamar yang juga Ketua tanfidziyah PWNU Jatim,” ujar Abdul Hakam kepada Suryamalang.com di Surabaya, Sabtu (6/7/2019).

Menurut Hakam, ada beberapa agenda yang menjadi fokus pembahasan dalam penyelenggaraan Konferwil PW GP Ansor Jatim. “Ada tiga hal yang menjadi fokus bahasan. Yakni program, rekomendasi dan review kegiatan Ansor di seluruh Jatim pada periode sebelumnya,” katanya.

Sedangkan untuk agenda pemilihan ketua baru PW GP Ansor Jatim, hanya akan menjadi urusan kedua yang akan dibahas di Konferwil. “Rekomendasi itu sangat diperlukan agar nantinya menjadi pijakan kepengurusan GP Ansor Jatim yang baru sehingga menjadi lebih baik lagi. Inilah yang menjadi perhatian careteker,” imbuhnya.

Sementara menyangkut persyaratan kandidat ketua PW GP Ansor, di antaranya harus memenuhi AD/ART GP Ansor. Namun secara spesifik yang akan menjadi perhatian justru menyangkut status pengurus cabang dan PAC saat ini, sehingga nantinya akan ada proses akreditasi.

“Akreditasi ini menyangkut status masih hidup atau sudah mati SK kepengurusannya sebab ini berkaitan erat dalam kepesertaan di Konferwil mendatang,” jelas pria asli Jawa Tengah ini.

Berdasarkan data yang ada, jumlah peserta konferwil GP Ansor Jatim sejatinya mencapai 500-600 anggota. Namun, ada yang SK kepengurusannya sudah mati sehingga yang aktif tinggal sekitar 460 anggota saja. "Oleh karenanya, sekarang dilakukan proses akreditasi sampai Minggu (7/7/2019) mendatang,” imbuhnya.

Ia juga mengaku belum dapat memastikan jumlah maupun figur kandidat yang akan maju atau mendaftar sebagai calon ketua PW GP Ansor Jatim. Sebab, proses pendaftaran belum dibuka sampai saat ini. “Insya Allah hari Senin (8/7/2019) depan baru kita buka pendaftaran kandidat,” tegas Abdul Hakam Ansor.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan konferwil di beberapa provinsi, kata Hakam, sangat dimungkinkan aklamasi termasuk dalam Konferwil GP Ansor Jatim mendatang. Alasanya, organiasi generasi muda NU hingga badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama (NU) yang lain cenderung memprioritaskan musyawarah mufakat dalam pemilihan.

“Paling utama adalah musyawarah mufakat. Sedangkan voting itu menjadi opsi yang paling terakhir dalam proses pemilihan di banom-banom NU termasuk GP Ansor,” tegas Hakam.

Ia juga tidak menapik jika dalam Konferwil GP Ansor Jatim mendatang terjadi calon tunggal sehingga tinggal disahkan dan aklamasi. “Kalau semua persyaratannya sudah terpenuhi ya bisa saja aklamasi,” pungkasnya usai bertemu dengan Abdul Halim Iskandar selaku dewan penasehat PW GP Ansor Jatim.

Saat ini, mengemuka dua kandidat Calon Ketua PW Ansor Jawa Timur. Di antaranya, M Abid Umar (Ketua PW Ansor penunjukan oleh Pimpinan Pusat) dan Syafiq Syauqi (Ketua PC Ansor Tuban).

Keduanya, dinilai juga memiliki afiliasi dengan partai politik tertentu. Abid dinilai dekat dengan NasDem mengingat pada pemilu 2019 menjadi Calon Legislatif untuk DPRD Jatim dari NasDem di dapil Kediri.

Meskipun demikian, belakangan Gus Abid memilih keluar dari NasDem. Selain usai gagal di pencalegan, ia juga memilih untuk patuh kepada instruksi kiai dengan fokus di Ansor Jatim.

Sedangkan Gus Syafiq lekat dengan partai PKB. Mengingat ia merupakan menantu dari Fatkhul Huda (Bupati Tuban saat ini sekaligus Dewan Penasehat DPC PKB Tuban). Gus Syafiq juga adik dari M Sholahul 'Am Notobuwono (mantan Ketua PW Ansor Jatim, juga caleg PKB untuk DPR RI dari dapil Tuban-Bojonegoro).

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved