Malang Raya

Kini Pemkab Malang Punya Command Center

Pemkab Malang memiliki fasilitas command center yang berlokasi di lantai 6 Kantor Bupati Malang Kepanjen.

Kini Pemkab Malang Punya Command Center
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Peresmian Command Center di Lantai 6 Kantor Bupati Malang Kepanjen, Rabu (17/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN – Pemkab Malang memiliki fasilitas command center yang berlokasi di lantai 6 Kantor Bupati Malang Kepanjen.

Layanan command center itu berfungsi untuk memantau  data-data kependudukan masyarakat Kabupaten Malang, secara realtime.

Pemkab Malang mengklaim Command Center itu selangkah lebih maju di bidang kependudukan lewat program Contra War (contraceptive for women at risk).

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo meresmikan fasilitas tersebut.

“Command Center ini dapat mengetahui data kependudukan secara riil. Karena data kependudukan selalu terupdate melalui fasilitas ini,” beber Hasto kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (17/7/2019).

Hasto menerangkan data yang diketahui lewat  Command Center ini adalah jumlah penduduk, kategori usia, jumlah ibu hamil, dan bayi baru lahir.

Jumlah masyarakat yang seharusnya KB tapi belum memakai KB juga bisa diketahui.

“Jadi informasi ini dapat menjadi rujukan untuk mengatasi berbagai masalah kependudukan,” ujar mantan Bupati Kulon Progo itu.

Data di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malang menyebutkan sebanyak 15 ibu melahirkan meninggal dalam waktu Januari sampai Juli 2019.

Sedangkan kematian bayi mencapai angka 40 orang.

Kepala DPPKB Kabupaten Malang, Sri Wahyuni Pudji Lestari mengungkapkan di antara faktor yang menyebabkan tingginya angka kematian ibu dan bayi adalah perkawinan sebelum berusia 20 tahun.

“Ini bisa menjadi alat pantau guna mengetahui data pelaporan kependudukan dari masyarakat yang ada didesa, khususnya terkait kasus ibu dan anak,” ujarnya.

Fasilitas yang dibuat DPPKB ini sudah terintegrasi dengan 96 fasilitas kesehatan.

Sri berekspetasi aplikasi ini dapat memecahkan masalah kependudukan dengan cepat dan tepat sasaran

“Seluruh faskes kesehatan yang telah bekerjasama dengan kami, mengupdate informasi Kependudukan melalui command center ini,” beber Sri.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved