Breaking News:

Konferwil GP Ansor Jatim

Ketua PWNU Jatim Sebut Dua Syarat Bakal Calon Ketua GP Ansor Jatim Yang Wajib Dipenuhi

Nantinya para calon ketua GP Ansor harus melewati berbagai tahapan. Seperti screening yang dilakukan oleh para kyai NU.

TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Konferwil GP Ansor Jatim yang juga beragendakan pemilihan ketua baru GP Ansor Jatim semakin dekat.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar mengatakan, GP Ansor Jawa Timur sudah lama vakum dan tidak ada pengurus yang definitif dan resmi.

"Sehingga Konferwil harus ada dan harus sukses. Agar Jatim punya ketua GP Ansor yang definitif dan punya legalitas atau resmi," ujar KH Marzuki Mustamar, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, untuk maju mencalonkan diri sebagai ketua GP Ansor harus memiliki dua syarat. "Satu, calon tersebut tidak boleh terpapar atau disusupi dengan ideologi atau aqidah yang berlawanan dengan NU. Calon atau siapapun yang terpapar dan terpengaruh kelompok lain yang bertentangan dengan NU harus taubat dulu dan tidak boleh ikut ikutan mencalonkan. Itu namanya Ansor tersusupi," terangnya.

Sedangkan syarat kedua adalah calon tersebut harus bebas politik. "Mungkin calon secara ideologi NU tapi ngebet dan berambisi untuk hal-hal politik. Itu juga tidak boleh. Karena sama saja dengan namanya tersusupi dengan kepentingan politik," tambahnya.

Ia juga menjelaskan, nantinya para calon ketua GP Ansor harus melewati berbagai tahapan. Seperti screening yang dilakukan oleh para kyai NU. "Selain itu nanti akan di baiat satu persatu untuk mengetahui bahwa calon benar benar kader asli NU dan kader Ansor memenuhi syarat. Dan di hadapan mustafirin, para calon memaparkan visi misinya agar mustafirin tahu kemampuannya. Agar jangan sampai nantinya punya ketua GP Ansor tapi tidak tahu kemampuannya," tandas KH Marzuki Mustamar.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved