Kabar Surabaya

Gelar Konferda Hari Ini, PDIP Jatim Akan Bentuk Susunan Kepengurusan Baru DPD

Konferda digelar menyusul turunnya surat instruksi dari DPP partai bernomor 5250/IN/DPP/VI/2019 untuk melaksanakan tahapan Konfercab dan konferda.

Gelar Konferda Hari Ini, PDIP Jatim Akan Bentuk Susunan Kepengurusan Baru DPD
www.pdiperjuangan.id
PDIP 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar konferensi tingkat daerah (konferda), di Hotel Wyndham, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Rabu (24/7/2019).

Konferda digelar menyusul turunnya surat instruksi dari dewan pimpinan pusat (DPP) partai bernomor 5250/IN/DPP/VI/2019 untuk melaksanakan tahapan Konfercab dan Konferda sebagai persiapan Kongres.

Dalam Konferda yang merupakan forum rutin partai yang berlangsung lima tahunan akan dibentuk kepengurusan baru di tingkat daerah.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengatakan, masa bakti kepengurusan DPC, DPD, dan DPP sebenarnya mulai dari 2015 sampai 2020 atau semestinya berakhir tahun depan.

Namun, restrukturisasi pengurus dilakukan lebih awal pada tahun ini karena memang atas instruksi dari DPP. "Termasuk kongres untuk penunjukan ketua umum sekaligus pembentukan pengurus DPP juga dilakukan tahun ini. Diperkirakan bulan depan, Agustus," kata Kusnadi.

Percepatan konsolidasi internal partai, jelas Kusnadi, dimaksudkan untuk menyesuaikan agenda partai dengan agenda pemerintah.

Dimana tahapan pemilu yang berakhir dengan pelantikan presiden-wakil presiden terpilih dilakukan pada tahun ini. Begitu juga pelantikan anggota DPRD Kabupaten, Provinsi, dan RI.

Percepatan konsolidasi internal dimaksudkan agar segera terjadi  sinkronisasi antara kader-kader partai yang bertugas dieksekutif maupun legislatif.

"Bagaimanapun juga kami adalah partai pengusung presiden terpilih. Ada tugas berat yang harus dilaksanakan tidak saja oleh presiden, tetapi juga oleh legislatif termasuk partai untuk segera mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bangsa dan negara ini," jelasnya.

Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno menambahkan, konferda diikuti ketua, sekretaris, dan bendahara DPC sebagai utusan. Konferda juga mengundang badan-badan partai, departemen, komite, dan organisasi sayap partai sebagai peninjau. Pimpinan dewan dan ketua fraksi partai tingkat dua juga diundang pada acara tersebut.

Demikian pula kepala daerah dan wakil kepala daerah tingkat dua dari PDI Perjuangan juga diundang untuk menghadiri pembukaan acara tersebut. "Untuk pihak luar kami mengundang jajaran pimpinan daerah dan pimpinan-pimpinan partai," tutur Sri Untari.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved