Kabar Lumajang

Hebatnya Polisi Lumajang Menelusuri Jejak Kaki Tiga Maling dan Dua Kambing Curian sampai Jauh

Tiga maling kambing beraksi di desa tetangganya di Lumajang. Mereka mencuri dua kambing sekaligus, kemudian menitipkannya pada seorang nenek 65 tahun.

Hebatnya Polisi Lumajang Menelusuri Jejak Kaki Tiga Maling dan Dua Kambing Curian sampai Jauh
polres lumajang
KAMBING CURIAN - Dua kambing milik Hamiden (50), warga Desa Jatisari Kecamatan Kedungjajang, Lumajang yang dicuri Edi (30), Suparman (24), dan Sugiantono (40), ketiganya warga Desa Bence Kecamatan Kedungjajang, Lumajang. 

Tiga maling kambing beraksi di desa tetangganya di Lumajang. Mereka mencuri dua kambing sekaligus, kemudian menitipkannya pada seorang nenek 65 tahun. Hebatnya, polisi bisa menelusuri jejak mereka meski berjalan jauh.

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Menjelang Idul Adha, pencurian kambing terjadi di Kabupaten Lumajang. Kamis (1/8/2019) dini hari, dua ekor kambing milik Hamiden (50) warga Desa Jatisari Kecamatan Kedungjajang, Lumajang raib digondol maling.

Peristiwa itu dilaporkan ke Polsek Kedungjajang. Pencarian dilakukan oleh Tim Cobra Polsek Kedungjajang. Akhirnya polisi berhasil meringkus tiga orang diduga pencuri kambing itu. Ketiga orang yang ditangkap adalah Edi (30), Suparman (24), dan Sugiantono (40), ketiganya warga Desa Bence Kecamatan Kedungjajang.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, ketiga orang tersangka masuk kandang kambing melalui melalui pintu kandang samping kanan yang terbuat dari anyaman bambu. Kandang berada di belakang rumah Hamiden. Setelah itu mereka masuk ke dalam kandang lalu mengambil dua ekor kambing milik korban dan membawanya kabur.

Setelah mengetahui hal tersebut, korban melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Kedungjajang. Tim Cobra Polsek Kedungjajang bersama Satgas Keamanan Desa (SKD) dan warga menelusuri jejak yang ditinggalkan sang kambing yang dibawa paksa oleh para pelaku.

Penelusuran jejak tersebut cukup jauh hingga tidak terasa hari sudah siang dan memasuki Desa Tunjung Kecamatan Gucialit

GOOGLE MAPS - Jarak Desa Jatisari Kecamatan Kedungjajang ke Desa Tunjung Kecamatan Gucialit, Lumajang.

Jejak tersebut mengarah ke sebuah kandang milik seorang ibu tua yang bernama Marsih (65) warga Desa Tunjung.

Saat ditanya oleh Tim Cobra, Marsih mengatakan bahwa ada tiga orang yang menitipkan kambing ke dalam kandangnya. Berbekal informasi tersebut Tim Cobra Polsek Kedungjajang dapat menangkap satu persatu tersangka di rumahnya.

“Alhamdulilah meski sempat kecolongan dua ekor kambing di wilayah Kecamatan Kedungjajang, namun kambing tersebut dapat ditemukan dan para pelaku dapat diringkus oleh Tim Cobra. Berkat kerja sama antara Tim Cobra, SKD dan dengan masyarakat serta korban yang segera melaporkan kejadian tersebut kejadian itu," ujar Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban, Jumat (2/8/2019).

Arsal mengapresiassi kepekaan masyarakat dan SKD terhadap tindakan kriminalitas. “Saya mulai punya keyakinan jika setiap kejadian kriminalitas yang terjadi di masyarakat dapat segera dilaporkan dan kerja sama aparat dengan masyarakat, maka kejadian kriminalitas dapat segera diungkap secara cepat," imbuhnya.

Kapolsek Kedungjajang AKP Sugianto menambahkan imbauan kepada warga agar berhati-hati dan waspada menjaga hewan ternaknya. Sebab saat ini sudah menjelang Hari Raya Idul Adha. "Saya imbau kepada masyarakat agar lebih mengawasi hewan ternaknya menjelang Hari Raya Idul Qurban," ujar Sugianto.

Dikhawatirkan orang tidak bertanggungjawab 'berburu' hewan ternak seperti kambing dan sapi untuk kemudian dijual karena saat ini musimnya orang membeli kambing atau sapi untuk dijadikan hewan qurban.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved