Kabar Mojokerto

Hari Ini, Tercatat 3.000 Pendaki Menuju Puncak Gunung Penanggungan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI

Ribuan pendaki dari berbagai daerah di Jawa Timur memadati pos pendakian Gunung Penanggungan di Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Hari Ini, Tercatat 3.000 Pendaki Menuju Puncak Gunung Penanggungan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI
febrianto ramadani
Para pendaki memadati pos pendakian Gunung Penanggungan di Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat Sore (16/8/2019). Tercatat sedikitnya 3.000 pendaki yang akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT RI) di puncak Gunung Penanggungan setinggi 1653 meter di atas permukaan laut. 

Tahun sebelumnya 5000 pendaki, untuk tahun ini ada 3000 pendaki yang akan mengikuti upacara di Penanggungan. Karena ada kegiatan upacara lain di Gunung Welirang dan Gunung Pundak.

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO - Ribuan pendaki dari berbagai daerah di Jawa Timur memadati pos pendakian Gunung Penanggungan di Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat Sore (16/8/2019).

Tercatat sedikitnya 3.000 pendaki yang akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT RI)  di puncak Gunung Penanggungan yang setinggi 1653 meter di atas permukaan laut. 

Salah satu pendaki gunung asal Sidoarjo, Irawan (18), mengaku, telah mengikuti kegiatan ini sebanyak tiga kali bersama delapan temannya.

"Persiapannya kami membawa alat mendaki, makanan instan, minuman, kompor, gas, pakaian tebal, dan tenda," kata Irawan Jumat (16/8/2019).

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Irwan bersama temannya memilih Gunung Penanggungan karena dekat dengan rumahnya di Sidoarjo. 

Petugas pos Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Nurul Aini, mengimbau para pendaki agar memperhatikan keselamatan dan peralatan dalam melakukan aktivitas pendakian.

"Kami berikan arahan soal perbekalan dan juga safety pendaki karena adanya perbedaan suhu baik pada siang dan malam di Gunung Penanggungan," kata Nurul Aini, Jumat (16/8/2019).

Jika dibandingkan momen yang sama tahun lalu, lanjut Nurul Aini, jumlah pendaki saat ini menurun drastis.

"Tahun sebelumnya 5000 pendaki, untuk tahun ini ada 3000 pendaki yang akan mengikuti upacara di Penanggungan. Karena ada kegiatan upacara lain di Gunung Welirang dan Gunung Pundak," lanjutnya.

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved