Malang Raya

Penyebab Sanusi Tak Kunjung Dilantik sebagai Bupati Malang Definitif

"Kami sudah usulkan hal itu melalui Gubernur Jatim Juli lalu. Kami masih tunggu," ungkap Sekretaris Pemerintah Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono.

Penyebab Sanusi Tak Kunjung Dilantik sebagai Bupati Malang Definitif
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Sekretaris Pemerintah Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono, memberikan penjelasan terkait tak kunjung dilantiknya Plt Bupati Malang Sanusi menjadi bupati definitif.

Didik menyebut pihaknya sudah mengajukan surat  usulan pelantikan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah sejak Juli lalu.  Terkait belum adanya jawaban atas surat itu, Didik mengaku tak mengetahui pasti.

"Kami sudah usulkan hal itu melalui Gubernur Jatim Juli lalu. Kami masih tunggu," ungkap Didik ketika dikonfirmasi, Jumat (16/8/2019).

Didik menambahkan, Pemerintah Kabupaten Malang akan mengirimkan surat ke Kementerian Dalam Negeri guna menanyakan pelantikan bupati definitif. Terkait tak kunjung adanya respon, Didik memprediksi, surat yang diajukan masih menunggu antrian.

"Mungki masih antre ya dengan surat-surat lainnya," ujar Didik.

Pemerintahan di Pemkab Malang dipastikan Didik tak akan terganggu. Meski Sanusi menjabat sebagai pelaksana tugas.

"Tak ada yang terganggu. Program semuanya berjalan sesuai dengan perencanaan," klaim Didik.

Di sisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko berpendapat, jika Bupati Malang definitif ditetapkan pada bulan Agustus nanti, parpol pengusung juga harus bergerak cepat untuk menentukan nama Wakil Bupati Malang. Lalu, diserahkan ke Bupati definitif yang nantinya diteruskan ke DPRD.

“Ya malau molor sampai bulan September, akan sulit. Tidak bisa lagi. Karena DPRD kemungkinan seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah pelantikan dewan yang baru masih harus menyusun tata tertib dan juga belum terbentuknya pimpinan DPRD secara definitif pula"

"Mungkin ya ini,  kalau sampai berakhirnya bulan Agustus 2019 tidak ada pengajuan nama calon Wakil Bupati Malang, bisa kemungkinan jabatan Wabup kosong,” ujar  Sasongko.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved