Kota Batu

Pemkot Batu Kembali Tegaskan Wacana Penambahan SMP Baru di Junrejo

Jumlah SMP swasta di Kota Batu ada 22 sekolah. Dari 22 SMP swasta itu hanya dua sekolah saja yang pagunya terpenuhi, sisanya masih belum tercukupi.

Pemkot Batu Kembali Tegaskan Wacana Penambahan SMP Baru di Junrejo
sanny
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko 

Jumlah SMP swasta di Kota Batu ada 22 sekolah. Dari 22 SMP swasta itu hanya dua sekolah saja yang pagunya terpenuhi, sisanya masih belum tercukupi.

SURYAMALANG.COM, BATUWali Kota Batu Dewanti Rumpoko ingin ada tambahan satu SMP di Junrejo dan satu SD di Sumber Brantas. Hal itu dikatakan Dewanti setelah mengikuti rapat paripurna dengan DPRD Kota Batu mengenai persetujuan perubahan anggaran keuangan.

Dijelaskan Dewanti, kebutuhan sekolah di kawasan itu untuk menunjang SDM masyarakat Kota Batu. Namun Dewanti belum menjelaskan kapan pastinya rencana menambah sekolah ini dapat direalisasikan.

Selain menambah sekolah, Dewanti juga berencana untuk menambah fasilitas di sejumlah sekolah yang ada di wilayah Kota Batu. Gagasan itu muncul setelah Dewanti bertemu dengan pihak Dinas Pendidikan Kota Batu beberapa waktu lalu.

“Saat ketemu dinas pendidikan, ada hal-hal urgent yakni penambahan sekolah. Di daerah Junrejo masih kurang. Kemudian penambahan komputer untuk setiap tahun agar bisa ujian,” ujar Dewanti, Rabu (21/8/2019).

Kata Dewanti, selama ini sekolah di Kota Batu selalu kesulitan saat melaksanakan ujian dengan sistem komputerisasi. Imbasnya, ujian tidak bisa dilakukan dengan efektif. Dewanti juga mengatakan perlunya ada pembaharuan bangku-bangku di sejumlah sekolah.

Namun bagi Dewanti, hal yang tak kalah penting adalah tentang peningkatan SDM baik pada guru maupun murid itu sendiri. Peningkatan SDM itu merupakan program yang searah dengan program dari pemerintah pusat.

“Sekarang ini prioritas Presiden RI kan SDM, yaitu peningkatan SDM guru dan pelatihan bagi murid itu juga perlu dilakukan,” paparnya.

Ada 1318 guru yang mengajar mulai dari tingkat dasar hingga menengah di Kota Batu.

Beberapa waktu lalu, upaya Pemkot Batu untuk menambah satu sekolah ini mendapat penolaka dari Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta, Takim. Takim mengatakan, sesuai usulan pihak sekolah swasta, agar Pemkot Batu menunda pembangunan sekolah baru. Pasalnya, sekolah swasta saat ini masih susah untuk memenuhi pagu.

Dikhawatirkan, ketika ada sekolah negeri, maka target pagu sekolah swasta justru akan semakin berkurang.

"Kalau menolak ya bisa dikatakan iya, tetapi kami intinya lebih menekankan agar bisa mengevaluasi dulu sebelum dibangun," ungkap Takim beberapa waktu lalu.

Jumlah SMP swasta di Kota Batu ada 22 sekolah. Dari 22 SMP swasta itu hanya dua sekolah saja yang pagunya terpenuhi, sisanya masih belum tercukupi.  

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved