Breaking News:

Pilwali Surabaya 2020

Calon Wali Kota Surabaya dari Jalur Perorangan Harus Setor 135.000 Salinan KTP Pendukung

SYARAT DUKUNGAN CALON INDEPENDEN - "Ya di kisaran dukungan antara 135.000 sampai 138.000. Bukti dukungannya adalah fotokopi KTP yang berbeda."

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: yuli
Tribunnews
Ilustrasi. 

SYARAT DUKUNGAN CALON INDEPENDEN - "Ya di kisaran dukungan antara 135.000 sampai 138.000. Bukti dukungannya adalah fotokopi KTP yang berbeda," jelas Nur Syamsi, Kamis (22/8/2019).

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Beberapa tokoh di Surabaya yang hendak maju dalam perebutan kursi wali kota Surabaya dalam Pilwali 2020 melalui jalur perseorangan. Bukan melalui partai politik. Namun tidak mudah untuk bisa mendaftar sebagai calon perseorangan.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi menuturkan bahwa syarat utama mendaftar sebagai calon wali kota dari jalur perorangan adalah mendapat dukungan minimal 6,5 persen dari total pemilih di Surabaya. Jumlah pemilih Surabaya di angka sekitar 2 juta. 

"Ya di kisaran dukungan antara 135.000 sampai 138.000. Bukti dukungannya adalah fotokopi KTP yang berbeda," jelas Nur Syamsi, Kamis (22/8/2019).

Jumlah tersebut akan diverifikasi oleh KPU. Jumlah itu harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan dengan tidak ditemukan dukungan ganda. Artinya semua KTP adalah berbeda satu sama lain.

Selain itu, jumlah dukungan KTP tersebut tidak menumpuk di satu wilayah. Harus menyebar dengan tingkat penyebaran mencapai 50 persen atau separo dari total kecamatan di Surabaya.

Kalau jumlah kecamatan di Surabaya sebanyak 31 kecamatan, maka minimal penyebarannya harus merata di 16 kecamatan. 

Hasil verifikasi itu sudah harus tuntas sebelum masa pendaftaran calon. Semua bukti dukungan itu ditunjukkan sebelum masa pendaftaran calon wali kota pada 16-18 Juni 2020. 

Kota Surabaya pernah meloloskan calon perseorangan dalam perebutan Pilwali sekitar tiga periode lalu. "Maju sebagai calon wali kota adalah hak semua warga. Selama memenuhi kualifikasi silakan maju," kata Syamsi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved