Malang Raya

Disnakertrans Kotawaringin Barat Jajaki Kerjasama Transmigrasi dengan Pemkab Malang

Kadisnakertrans Kotawaringin Barat menerangkan, kunjungan mereka dalam rangka penjajakan dengan Disnaker terkait program transmigrasi.

Disnakertrans Kotawaringin Barat Jajaki Kerjasama Transmigrasi dengan Pemkab Malang
erwin
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang menerima kunjungan Disnakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis (5/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang menerima kunjungan Disnakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis (5/9/2019).

Kadisnakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat Gustin Nur Aini menerangkan, kunjungan mereka dalam rangka penjajakan dengan Disnaker terkait program transmigrasi.

“Karena di dinas saya ada program untuk rekrut transmigran baru,” tutur Gustin

Mereka juga berniat kerjasama dengan Kabupaten Blitar dan Tulungagung. Namun sampai saat ini baru penjajakan saja. Belum sampai pada tahap MoU.

Ada tiga kecamatan yang menjadi tujuan transmigran di tempatnya. Menurutnya, banyak tempat yang bisa dikembangkan dan digarap di tempatnya.

Topografi wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat ini berupa dataran kering atau yang biasa disebut natai dalam bahasa setempat. Juga dataran rendah berawa-rawa dangkal.

“Jadi harapannya, transmigran dari Kabupaten Malang bisa menggarap lahan dan mengembangkan kawasan itu. Sesuai dengan tujuan transmigrasi. Jika transmigran kreatif, mengembangkan kawasan sungai untuk ternak ikan. Karena permintaan ikan cukup tinggi,” ujar Gustin

Di sisi lain, Kadisnaker Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo merespons positif kunjungan dari Disnakertrans Kotawaringin Barat itu.

Menurutnya selain penjajakan transmigrasi, banyak hal yang bisa dipelajari. Namun ia akan membahas lagi lebih lanjut di internal dinasnya.

“Bisa saling belajar dan memberikan manfaat,” jelas Yoyok. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved