Malang Raya

Pemkab Malang akan Datangkan Saksi Ahli dan Perkuat Alat Bukti Terkait Polemik Sumber Air Wendit

Pemerintah Kabupaten Malang berencana mendatangkan saksi ahli dan alat bukti baru terkait polemik di Sumber Air Wendit, Desa Mangliawan, Pakis.

Pemkab Malang akan Datangkan Saksi Ahli dan Perkuat Alat Bukti Terkait Polemik Sumber Air Wendit
edgar
PENINJAUAN LOKASI - Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menggelar sidang lanjutan di lokasi sengketa sumber air Wendit, Desa Mangliawan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jumat (13/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, PAKIS - Pemerintah Kabupaten Malang berencana mendatangkan saksi ahli dan alat bukti baru terkait polemik di Sumber Air Wendit, Desa Mangliawan Kecamatan Pakis.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Prasetyani Arum Anggorowati, saat dihubungi SURYAMALANG.COM, Jumat (13/9/2019), menjelaskan, Pemkab Malang akan menguatkan bukti prosedur terkait dengan Surat Izin Pengelolaan Air (SIPA).

Bukti prosedur tersebut akan dijadikan alat bukti baru kepada majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang pagi tadi sedang melakukan peninjauan ke sumber air wendit.

Saksi ahli dan alat bukti baru tersebut akan dikirim Pemkab Malang saat sidang lanjutan yang rencananya akan digelar pada tanggal 26 September 2019.

"Biar ketiga majelis hakim yang hadir itu bisa menemukan kesimpulan dan menemukan bukti-bukti baru sesuai norma aturan dalam memutuskan nanti," ujarnya.

Arum menjelaskan, kedatangan majelis hakim ke sumber air Wendit tadi ialah sesuai permohonan dari Pemkab Malang.

Yakni untuk mengkonfirmasikan antara dokumen dan alat bukti sebagai proses pembuktian.

Hal itu dilakukan agar hakim bisa menyimpulkan ajuan SIPA yang diajukan oleh KemenPUPR.

Terkait dengan persyaratan prosedur tersebut sesuai apa tidak dengan yang ada di lapangan.

"Tadi itu kroscek data dengan melakukan sidang di lapangan. Kita punya data di Sertifikat Hak Pakai (SHP) Nomor 4 dan Kota Malang mendalilkan SHP Nomor 2. Kira-kira itu gimana dengan melihat lokasi di sana. Biar hakim yang menyimpulkan. Karena ini masih proses pembuktian," tandasnya.

Arum menjelaskan, isi SHP Nomor 4 yang dimiliki oleh Pemkab Malang ialah terkait dengan tiga sumber mata air Wendit.

Untuk itu, dalam sidang mendatang yang membahas soal pemeriksaan saksi-saksi pihaknya akan mendatangkan saksi ahli.

"Kita ini masih diberi kesempatan untuk mengajukan saksi. Kita akan kroscek kembali untuk menemukan bukti baru. Karena kita punya bukti sertifikat hak pakai nomor 4. Dan ini yang harus kita kuatkan," tandasnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved