Malang Raya

Pemkab Malang Sambut Positif Rencana Pembangunan Sky Train di Malang Raya.

Pemkab Malang menyambut positif rencana pembangunan sky train di Malang Raya.

Pemkab Malang Sambut Positif Rencana Pembangunan Sky Train di Malang Raya.
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Area kawasan wisata TNBTS yang berada di Kecamatan Tumapang, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN – Pemkab Malang menyambut positif rencana pembangunan sky train di Malang Raya.

Beberapa wilayah di Kabupaten Malang akan dilalui proyek moda transportasi massal tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto menerangkan Bandara Abdulrachman Saleh menjadi nilai tambah untuk konektivitas sky train jika pembangunannya dapat terealisasi.

“Kabupaten Malang ada bandara. Apalagi ketika bandara sudah ditingkatkan menjadi bandara internasional, ini akan menjadi kekuatan kami,” beber Tomie kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (22/9/2019).

Tomie menambahkan penetapan Badan Otorita Pariwisata (BOP) Bromo Tengger Semeru (BTS) yang rencananya akan dibangun di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang, harapannya bisa dijadikan satu masterplan dengan pembangunan sky train.

“Masih perlu kajian lebih lanjut. Dalam perkembangannya, pengelolaan taman nasional ini juga mempertimbangkan dua aspek utama yaitu dari sisi ekologi atau lingkungan, dan dari aspek sosio ekonomi atau kemasyarakat,” ujar Tomie.

Dia menjelaskan penyesuaian aspek tata ruang ada beberapa kawasan yang dikelola oleh masyarakat sekitar untuk kegiatan perekonomian seperti budidaya maupun pertanian lainnya.

Sinergitas program pemerintah dan tokoh adat setempat, juga harus diperhatikan.

Pemkab Malang kini sedang bersiap untuk menyusun rencana detail tata ruang (RDTR) guna mengantongi izin pembangunan BOP BTS.

“Bukan mengubah fungsi, melainkan disesuaikan agar masyarakat sekitar yang melakukan aktivitas dikawasan tersebut tidak menyalahi aturan,” ujar Tomie.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved