Kabar Surabaya

Sebelum Urus Balik Nama Surat Kendaraan Bermotor Gratis di Jatim, Baca Informasi Penting Berikut Ini

Pemutihan denda pajak kendaraan dan biaya balik nama kendaraan gratis ini mulai dibuka 23 September lalu hingga 14 Desember 2019.

Sebelum Urus Balik Nama Surat Kendaraan Bermotor Gratis di Jatim, Baca Informasi Penting Berikut Ini
nuraini faiq
Kantor Samsat Surabaya Selatan, Ketintang, Senin (21/10/2019). Ratusan pemilik kendaraan antre mendapat layanan pemutihan. Mereka menunggu panggilan untuk dilayani mengurus gratis denda pajak kendaraan. 

KHUSUS JAWA TIMUR - Pemutihan denda pajak kendaraan dan biaya balik nama kendaraan gratis ini mulai dibuka 23 September lalu hingga 14 Desember 2019.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Masa pemutihan denda pajak kendaraan dan biaya balik nama (NBN) gratis dimanfaatkan pemilik kendaraan bermotor di Surabaya. Hingga saat ini, setiap Kantor Samsat di Surabaya dipadati banyak pemohon pemutihan.

Seperti yang terlihat di Kantor Samsat Surabaya Selatan, Ketintang, Senin (21/10/2019). Ratusan pemilik kendaraan antre mendapat layanan pemutihan. Mereka menunggu panggilan untuk dilayani mengurus gratis denda pajak kendaraan. 

Sebagian besar sudah hampir selesai dan tinggal membayar dengan bediri di setiap loket layanan. Sebagian yang lain banyak yang memenuhi kursi, duduk-duduk menunggu panggilan layanan.

Ratusan kursi di ruang tunggu layanan Kantor Samsat Ketintang itu penuh. Tak ada kursi kosong. "Saya sudah satu jam menunggu antrean. Semakin siang semakin banyak yang antre," kata Wardoyo, penunggak tiga tahun pajak kendaraan asal Jambangan. 

Banyak penunggak pajak kendaraan yang lain yang memanfaatkan layanaan pemutihan yang digelar Pemprov Jatim. Pemutihan denda pajak kendaraan dan biaya balik nama kendaraan gratis ini mulai dibuka 23 September lalu hingga 14 Desember 2019 besok. 

Setiap penunggak pajak kendaraan akan dikenakan denda sebesar 2,5 persen dari nilai pajak. Terhitung setelah 15 hari masa berakhir pajak.

Wardoyo yang sudah mendapat nomor antrean dengan nomor 409 itu sudah berangkat dari rumah pukul 08.00. Namun sudah banyak yang antre. Begitu tiba langsujg diarahkan petugas apakah hendak pemutihan atau balik nama kendaraan.

Petugas memang mengarahkan pemohon sesuai tujuan. Ada selitar 12 loket dibuka khusus selama pelaksanan pemutihan tahun ini. Bahkan Kantor Samsat Ketintang imemberikan penanda dengan memberikan kalung dengan warna tali berbeda. 

Ada tali warna kuning berarti pemutihan dan biru berarti balik nama. "Saya mau balik nama mobil yang saya beli second. Tidak papa antre karena memang banyak yang dilayani," ungkap Ali Maksum, pemohon BBN.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved