Citizen Reporter

Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Malang Bekali 350 Relawan Gerakan Psikoedukasi

"Kita kumpulkan ratusan relawan untuk edukasi masyarakat dengan mengajak bahagia untuk menekan angka kasus bunuh diri," katanya di Malang.

Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Malang Bekali 350 Relawan Gerakan Psikoedukasi
adi h
HIMPSI Malang bekerjasama Fakultas Pendidikan Psikologi mengumpulkan 350 relawan yang berlatar psikolog, ilmuwan psikologi, dan mahasiswa dibekali bimbingan teknis Psikoedukasi Ayo Bahagia. 

SURYAMALANG.COM - Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Malang terus berkomitmen turut menangani masalah sosial kemasyarakatan. Salah satunya adalah kasus bunuh diri.

Bertempat di Universitas Negeri Malang, HIMPSI Malang bekerjasama Fakultas Pendidikan Psikologi mengumpulkan 350 relawan yang berlatar psikolog, ilmuwan psikologi, dan mahasiswa dibekali bimbingan teknis Psikoedukasi Ayo Bahagia.

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Himpsi Malang, Nirma Yullidya, mengatakan, gerakan ini menyelaraskan dengan meningkatnya kasus bunuh diri yang menjadi tema pokok dari WHO tahun ini.

"Kita kumpulkan ratusan relawan untuk edukasi masyarakat dengan mengajak bahagia untuk menekan angka kasus bunuh diri," katanya di Malang, Sabtu (26/10/2019).

'Gerakan Psikoedukasi Ayo Bahagia' ini akan digelar pada Minggu (27/10) di Car Free Day (CFD) di jalan Ijen Kota Malang.

"Kita akan bagikan brosur berupa tips Ayo Bahagia, pengukuran skala depresi kepada pengunjung CFD. Diharapkan 350 relawan mampu menjangkau lebih dari 3000 orang," terang Nirma.

Ketua Pelaksana Gerakan Psikoedukasi Ayo Bahagia, Ratih Damayanti menambahkan, saat CFD, relawan tidak hanya membagikan brosur melainkan semua diajak melakukan flashmob Ayo Bahagia dan aksi teatrikal pencegahan bunuh diri.

"Selain itu juga akan longmarch di sepanjang jalan Ijen sambil membawa beragam quote. Adapun titik kumpul jam 6 pagi, di depan Museum Brawijaya," katanya.

Ratih mengatakan, untuk kegiatan Bimtek terbagi dalam tiga sesi, yakni pagi, siang, dan sore, dengan pembekalan tentang strategi komunikasi personal serta kode etik psikologi jika di lapangan didapati kasus psikologi.

"Peserta bimtek berasal dari perguruan tinggi se Malang Raya yang memiliki jurusan Psikologi, yaitu UMM, UB, UNIRA, UNIGA, UM, UIN, UNISDA dan UNMER," ujarnya. ADI H

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved