Kabar Surabaya

Pasal 506 dan 296 KUHP untuk Menjerat Muncikari PA, Finalis Putri Pariwisata 2016

Tim penyidik Polda Jatim masih memeriksa putri pariwisata asal Balikpapan berinisial PA (23) atas dugaan kasus prostitusi di hotel wilayah Kota Batu.

Kolase - Instagram - Luhur Pambudi
Sosok PA yang diduga terlibat kasus prostitusi online yang dibongkar Polda Jatim dalam penggerebekan di Kota Batu, Jumat 925/10/2019) malam 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Tim penyidik Polda Jatim masih memeriksa putri pariwisata asal Balikpapan berinisial PA (23) atas dugaan kasus prostitusi di hotel wilayah Kota Batu.

Penyidik juga memeriksa muncikarinya berinisial JL (51), pelanggan berinisial YW asal NTB, dan sopir mobil yang mengantar mereka ke lokasi hotel di Batu. 

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela mengatakan, JL sang mucikari bakal disangka dengan Pasal 506 dan Pasal 296, tentang mengambil keuntungan dari kegiatan prostitusi.

"Sangkaan pasal mucikarinya kami kenakan KUHP pasal 506, pasal 296 mengambil keuntungan dari kegiatan prostitusi," katanya pada awakmedia di halaman gedung Ditreskrimum Mapolda Jatim, sabtu (26/10/2019).

Pasal 506 KUHP berbunyi: Barang siapa sebagai muncikari (souteneur) mengambil keuntungan dari pelacuran perempuan, diancam dengan pidana kurungan paling lama satu tahun.

Sedangkan Pasal 296 KUHP berbunyi: Barang siapa yang mata pencahariannya atau kebiasaannya yaitu dengan sengaja mengadakan atau memudahkan perbuatan cabul dengan orang lain diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak lima belas ribu rupiah.

Kuat dugaan, praktik prostitusi yang dilakukan JL bukan terbilang baru.

Leo menyebut, mucikari memiliki mekanisme khusus melalui jaringan online yang terstruktur dalam menjajakan kemolekkan tubuh PA.

"Melalui jaringan online, jadi ditelepon ditawarkan ada sistem atau manajemen sendiri yang dibuat mucikari ini," jelasnya.

BREAKING NEWS - Polda Jatim Tangkap Lagi Cewek Terkenal saat Layani Pria di Hotel Wilayah Kota Batu

CEWEK POPULER - Subdit Jatanras Ditreskrimsus Polda Jatim menangkap perempuan (yang wajahnya ditutupi) dan dua pria terlibat pelacuran di sebuah hotel wilayah Kota Batu, Jumat (25/10/2019). Mereka dibawa ke gedung Ditreskrimsus Mapolda Jatim di Surabaya.
CEWEK POPULER - Subdit Jatanras Ditreskrimsus Polda Jatim menangkap perempuan (yang wajahnya ditutupi) dan dua pria terlibat pelacuran di sebuah hotel wilayah Kota Batu, Jumat (25/10/2019). Mereka dibawa ke gedung Ditreskrimsus Mapolda Jatim di Surabaya. (LUHUR PAMBUDI)

Kendati begitu, Leo masih enggan menyebut sosok mucikari, ataupun PA sebagai wanita yang dijajakan kemolekan tubuhnya.

Halaman
12
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved