Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Malang

Syuna Salimdra asal Banjarmasin jadi Dokter Umur 20 Tahun dari FK Universitas Muhammadiyah Malang

DOKTER UMUR 20 TAHUN - Syuna Salimdra masuk SD usia 5 tahun, lulus 5 tahun. Usia 10 tahun masuk SMP. Mulai kuliah pada usia 14 tahun. Akselerasi.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: yuli
umm
Syuna Salimdra yang menjadi dokter di usia 20 tahun dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

DOKTER UMUR 20 TAHUN - Jenjang TK sampai SMA diselesaikan di Banjarmasin. Kemudian ia mencoba ikut jalur SNMPTN dengan memilih kedokteran di Undip Semarang dan UGM. Tapi tidak diterima.

SURYAMALANG.COM, KARANGPLOSO - Syuna Salimdra menjadi dokter di usia muda yaitu 20 tahun. Pada 26 Oktober 2019 lalu, pria kelahiran 8 Mei 1999 ini baru saja dilantik dan diambil sumpah sebagai dokter ke 40 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

"Saya mulai kuliah di usia 14 tahun," jelas Syuna kepada suryamalang.com, Kamis (14/11/2019) saat wawancara lewat telepon.

Kuliah di kedokteran dan co as diselesaikan 5,5 tahun. "Saya masuk TK usia 3 tahun. Sejak SD sudah ikut kelas akselerasi," terang putra pasangan Buntoro Salimdra dan Marzuqoh ini.

Syuna Salimdra masuk SD usia 5 tahun. Karena akselerasi, masa di SD diselesaikan lima tahun. Usia 10 tahun masuk SMP. Ini juga akselerasi dua tahun. Masuk SMA usia 12 tahun dan lulus usia 14 tahun. "Jadi sejak SD sampai SMA ikut kelas akselerasi terus," jawabnya.

Menurutnya, itu fasilitas yang disediakan oleh orangtuanya. Dan ia hanya menjalani saja. Karena itu ia kuliah pada usia 14 tahun.

Jenjang TK sampai SMA diselesaikan di Banjarmasin. Kemudian ia mencoba ikut jalur SNMPTN dengan memilih kedokteran di Undip Semarang dan UGM. Tapi tidak diterima.

Syuna Salimdra lantas ikut SBMPTN di Universitas Mulawarman, tidak diterima pula. "Jadi saya memilih ke PTS namun tetap sama di kedokteran," kata dia. Akhirnya diterima di UMM.

Katanya, meski paling muda di antara teman-temannya, ia tidak masalah. "Karena saya juga terbiasa bergaul dengan yang usianya lebih tua," kata Syuna.

Masa tinggal di Malang dikatakan perlu adaptasi setahun. Setelah itu terbiasa. "Sebab biasanya kan di Banjarmasin terus tinggal di Jawa kan perlu penyesuaian," jawabnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved