Breaking News:

Kabar Jember

Angin Puting Beliung Melanda Kecamatan Arjasa & Mumbulsari Jember, BPBD Sebut 48 Rumah Rusak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat 48 rumah rusak akibat angin puting beliung yang terjadi Senin (18/11/2019) sore.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Polisi TNI dan petugas BPBD Jember membersihkan halangan pohon tumbang di Mumbulsari, Senin (18/11/2019) 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda sejumlah daerah di Jember, Senin (18/11/2019).

Salah satunya melanda Desa Biting Kecamatan Arjasa. Camat Arjasa Herwan Agus Darmanto mengatakan, angin puting beliung itu menyebabkan sejumlah bangunan rusak, genteng beterbangan, dan pohon tumbang.

"Keseluruhan bangunan yang rusak sedang kami data, karena kejadiannya belum lama tadi. Sekitar pukul 14.00 Wib. Data sementara yang saya terima, bangunan yang rusak itu antara lain dua rumah warga dan kandang ayam roboh. Kalau genteng beterbangan itu banyak terjadi di rumah-rumah warga," ujar Herwan kepada Surya.

Saat SURYAMALANG.COM menghubungi Herwan sekitar pukul 16.00 Wib, pihak kecamatan, kepolisian, dan TNI berserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember bersama warga sedang membersihkan dampak angin puting beliung.

Petugas PLN membenarkan kabel listrik yang jatuh tertimpa pohon. Sedangkan petugas gabungan dibantu warga membersihkan pohon yang tumbang, serta membantu warga yang rumahnya roboh.

Pihak kecamatan, desa, serta BPBD juga mendata kerusakan akibat angin puting beliung tersebut.

"Kerusakan paling banyak terjadi di Dusun Tegal Lo Desa Biting," imbuh Herwan. Pihaknya masih mendata juga apakah ada korban dalam peristiwa tersebut.

Angin puting beliung juga melanda Kecamatan Mumbulsari, Jember, selain melanda Desa Biting Kecamatan Arjasa, Senin (18/11/2019) sore.

Ketika SURYAMALANG.COM menghubungi Kapolsek Mumbulsari AKP Heri Supadmo, pihaknya sedang mendata kerusakan akibat angin puting beliung tersebut.

"Kejadian tadi sekitar pukul 14.30 Wib. Laporan sementara ada satu bangunan yakni gudang pengeringan tembakau roboh di Desaa Kawangrejo. Kalau lainnya, kebanyakan pohon tumbang dan tiang listrik juga tumbang," ujar Heri.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved